Setiap orang mempunyai peran untuk membuat perawatan kesehatan aman, termasuk dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Organisasi kesehatan dunia sekarang sedang bekerja agar perawatan kesehatan aman. Anda dapat membuatnya lebih aman dengan keikutsertaan aktif terlibat dan memiliki informasi yang cukup.

SPEAK UP program disponsori oleh The Joint Commission. Mereka sepakat bahwa pasien seharusnya dilibatkan dalam proses perawatan kesehatan mereka sendiri. Usaha meningkatkan kepedulian dan keikutsertaan ini didukung oleh The Centers for Medicare & Medicaid Services.

Program ini memberikan masukan yang mudah, bagaimana anda dapat membuat perawatan kesehatan anda adalah pengalaman yang menyenangkan. Penelitian menunjukkan bahwa jika pasien dilibatkan dalam proses perawatan kesehatannya, cenderung lebih cepat pulih. Untuk melindungi proses perawatan kesehatan jauh dari kesalahan, pasien didorong untuk SPEAK UP.

S

Suarakanlah (Bicaralah) jika anda memiliki pertanyaan, jika anda tetap belum mengerti tanyakan kembali. Ini adalah tubuh anda sendiri dan anda berhak tahu.

– Kesehatan anda adalah yang terpenting, jangan merasa malu jika anda tidak mengerti apa yang diinformasikan oleh dokter, perawat dan tenaga kesehatan profesional lainnya.

– Jangan merasa takut untuk menanyakan tentang keamanan, jika anda harus dioperasi, tanyakan dokter dengan jelas area mana yang akan dioperasi.

– Jangan takut untuk bertanya ke dokter atau perawat anda, jika anda merasa mendapatkan obat atau perawatan yang kurang tepat.

– Jangan takut untuk menginformasikan ke tenaga kesehatan profesional jika anda merasa mereka salah pasien.

P

Perhatikan perawatan yang anda dapat. Selalu pastikan anda mendapati perawatan dan obat-obatan yang tepat oleh dokter anda. Jangan mengasumsikan apapun.

– Katakan ke perawat atau dokter anda jika anda merasa sesuatu ada yang tidak benar

– Pada awal perkenalan dengan tenaga kesehatan, mereka seharusnya memperkenalkan diri mereka, perhatikan tanda pengenalnya (ID Card di rumah sakit/apotek)

– Pastikan mereka sudah mencuci tangannya. Mencuci tangan adalah hal terpenting untuk melindungi penyebaran infeksi. Jangan merasa takut untuk mengingatkan dokter atau perawat anda.

– Pastikan dokter atau perawat anda telah memeriksa data anda sebelum memberikan perawatan atau obat-obatan kepada anda.

E

Edukasi diri sendiri. Pelajarilah informasi mengenai penyakit anda sendiri. Cari tahu tes apa yang perlu anda jalani dan rencana perawatan anda.

– Cari tahu spesialisasi dan pengalaman dokter anda untuk merawat penyakit anda

– Cari tahu tentang kondisi anda, tempat terbaik untuk mencari tahu adalah dokter, perpustakaan, group atau website yang terpercaya.

– Catat apa yang dokter informasikan kepada anda, tanyakan kepada dokter jika merasa perlu ada informasi yang perlu anda catat

– Baca semua form kesehatan anda, jangan tanda tangan sebelum anda mengerti. Tanyakan dokter atau perawat anda jika ada yang belum dimengerti.

– Pastikan anda mengerti semua alat kesehatan yang anda gunakan, jika anda menggunakan alat tambahan oxygen dirumah, pastikan tidak ada yang merokok dirumah atau dekat anda.

A

Ajak anggota keluarga atau teman yang paling anda percaya untuk menjadi penasehat atau yang membantu anda (penyokong).

– Penyokong anda ini dapat menanyakan sesuatu yang kurang jelas kepada dokter atau perawat disaat kondisi anda tidak bisa untuk bertanya.

– Ajak penyokong anda untuk selalu bersama anda selama perawatan sehingga dia dapat memastikan anda mendapatkan obat dan perawatan yang tepat.

– Penyokong anda dapat mengingat pertanyaan yang anda ajukan kepada dokter. Mereka dapat berbicara disaat anda tidak dapat berbicara untuk diri sendiri.

– Pastikan penyokong ini mengerti apa yang anda inginkan. Pastikan mereka paham apa yang anda lakukan untuk keselamatan diri anda sendiri.

– Baca persetujuan perjanjian dengan penyokong anda sebelum anda menandatangani apapun. Pastikan anda berdua mengerti benar apa yang kalian sepakati.

– Pastikan penyokong anda paham benar perawatan yang perlu anda dapatkan selepas keluar dari rumah sakit. Penyokong anda perlu paham benar kondisi anda jika memburuk dan tahu betul siapa yang harus ditelepon.

K

Ketahui betul obat-obatan yang anda konsumsi dan mengapa harus dikonsumsi. Kesalahan dalam pengobatan penyakit adalah kesalahan konsumsi obat.

– Tanyakan kenapa anda harus mengkonsumsi obat tersebut. Tanyakan informasi yang jelas tentang obat tersebut. Cari tahu merek dan generik obat tersebut juga tanyakan efek sampingnya.

– Jika anda tidak mengenali obat-obatan anda, pastikan obat tersebut benar untuk anda. Tanyakan dengan jelas sebelum anda menelannya. Baca label yang menyertainya atau bahkan cairan infus yang diberikan kepada anda. Jika anda sedang tidak sehat suruhlah penyokong anda untuk melakukannya.

– Jika anda diberikan cairan melalui intravena, tanyakan kepada perawat anda berapa lama seharusnya cairan tersebut ‘berjalan’. Tanyakan kepada perawat anda jika anda merasa tetesan cairan tersebut terlalu cepat atau lambat.

– Jika anda menerima obat-obatan yang berbeda, informasikan kepada dokter atau perawat anda mengenai alergi atau reaksi terhadap obat-obatan terdahulu

– Pastikan anda dapat membaca resep yang ditulis tangan oleh dokter. Jika anda tidak dapat membacanya tanyakan kepada petugas apotek anda. Dan mintalah untuk menulis ulang yang lebih jelas.

U

Upaya mencari organisasi/pelayanan kesehatan yang tepat dan terjamin.

– Tanyakan kepada organisasi tersebut apakah pernah merawat orang dengan kondisi penyakit seperti anda. Seberapa sering mereka merawat? Perawatan special apa yang mereka berikan sehingga pasien sembuh.

– Jika anda membutuhkan lebih dari satu ambulatory care center, tanyakan kepada dokter anda mana yang terbaik untuk anda.

– Sebelum anda meninggalkan fasilitas tersebut. Pastikan anda paham betul instruksi yang diberikan kepada anda.

– Cek ke Quality Check di www.qualitycheck.org untuk mencari tahu akreditasi ambulatory care centre anda. (Cari tahu untuk di indonesia). Terakreditasi artinya mereka bekerja berdasarkan tata cara yang memastikan keamanan pasien dan ada standar yang harus ditepati.

P

Partisipasi (Keikutsertaan) dalam segala keputusan mengenai perawatan sangat penting. Anda adalah pusat dari proses perawatan kesehatan.

– Anda dan dokter anda harus saling sepakat setiap tahap perawatan anda

– Pahami berapa lama perawatan anda, siapa yang merawat anda dan pastikan anda paham apa yang akan anda alami.

– Pahami bahwa obat, tindakan perawatan dan tes yang diberikan kepada anda belum tentu terbaik untuk anda. Tanyakan kepada dokter bagaimana tindakan, obat dan tes-tes tersebut baik untuk anda.

– Simpan semua copy dari catatan kesehatan anda. Informasikan kepada dokter atau perawat anda catatan ini. Catatan riwayat kesehatan anda akan sangat membantu anda dan dokter anda.

– Jangan takut untuk meminta pendapat kedua. Jika anda tidak yakin ini tindakan terbaik untuk kondisi anda, carilah pendapat dokter lain. Semakin banyak informasi yang anda dapatkan, maka semakin baik untuk mengambil keputusan.

– Bertanyalah dengan pasien lain yang mendapat tindakan atau operasi yang sama dengan anda. Mungkin mereka bisa membantu anda untuk paham apa yang anda dapati dan yang terbaik untuk kondisi anda. (WS/WK)

Sumber : Help Prevent Errors in your care

http://www.jointcommission.org/PatientSafety/SpeakUp/

Share artikel ini: