Apakah Anak Anda Pendengar yang Baik ?

Sebelum memberi instruksi atau berbicara kepada anak, sebaiknya kita mengurangi distraksi terhadapnya. Sebelum bicara, sebut nama anak untuk mengecek perhatiannya. Hanya bicara saat ia melakukan kontak mata dengan Anda. Pertahankan kontak mata selama berbicara. Ketika membacakan buku cerita, cek perhatiannya dengan menanyakan pertanyaan sederhana.

Mengembangkan Pengetahuan Dasar dan Kemampuan Berekspresi

Anda dapat membantu anak mempelajari warna, bilangan, konsep ukuran, konsep ruang dan tempat melalui permainan, tindakan, atau pembicaraan. Anda bisa mencoba cara berikut :

Menggunakan Balok Mainan untuk Mempelajari Warna

Tandai balok dengan warna tertentu, ajarkan pada anak. Atau, ajak ia mencari balok dengan warna tertentu. Anda juga dapat bertanya,”Apa warna balok ini ?”

Membangun Konsep Bilangan

Katakan pada anak untuk memberi Anda satu benda. Ketika ia mengerti konsep “satu”, lanjutkan dengan menyuruhnya memberi lebih banyak benda. Anda dapat memintanya untuk menghitung jumlah benda tertentu dalam ruangan, dan seterusnya.

Mengajarkan Konsep Ruang

Anda dapat membuat aktivitas yang bisa diikuti oleh anak. Misalnya, buat kotak yang besar dan ajak anak bermain masuk dan keluar kotak. Ajak anak bermain gelembung sabun. Sambil bermain, minta anak untuk memperhatikan : gelembung mana yang jatuh di depan dan di belakang anak. Ajak anak untuk memperhatikan  tempat jatuh gelembung : dekat, di depan, di belakang kotak.

Mengajarkan Konsep Ukuran

Beri kesempatan pada anak untuk menggambar garis dan lingkaran dengan berbagai bentuk di sehelai kertas dengan menggunakan pensil berwarna. Atau Anda dapat menggunakan lilin/malam/tanah liat untuk membuat bola dalam berbagai ukuran. Diskusikan dengan anak ukuran binatang, rumah, mobil, dan tekankan pada karakteristik ukuran yang berbeda-beda.

Pendalaman Kata dan Konsep yang Baru Dipelajari Anak
Buat hubungan alami dari berbagai benda dengan menunjukkannya kepada anak. Misalnya, ketika Anda bicara tentang jenis-jenis makanan, tunjukkan berbagai jenis makanan seperti roti, sosis, atau keju. Anda dapat mengajaknya ke toko roti dan tunjuk dan sebutkan nama beberapa produk yang sudah dikenal anak.

Mengembangkan Kemampuan Mengingat Anak
Untuk memperbaiki ingatan anak, coba untuk mengajarkannya melalui puisi atau lagu. Setelah mengulangi beberapa kali, ucapkan tanpa menyebut kata terakhir dan minta anak mengatakannya untuk Anda. Perbanyak kata yang “dihilangkan” itu. Akhirnya, lihat apakah anak dapat mengucapkan seluruh kalimat. Setelah mengulangi latihan ini beberapa kali, anak akan dapat mengingat dengan cepat. Ini adalah cara yang baik untuk belajar bahasa dan pengucapannya.

Share artikel ini: