Dari tahun ke tahun, angka kanker pada anak terus meningkat. Berikut ini adalah tips untuk melakukan tindakan pencegahan kanker pada anak anda:

  1. Jadilah contoh untuk anak anda. Hiduplah dengan sehat, makanlah makanan yang sehat supaya anak anda mencontoh hal yang baik dari anda.
  2. Jangan merokok. Selain mencegah kanker pada anda, tidak merokok juga dapat mencegah kanker untuk anak-anak anda. Anak andapun terhindar dari contoh yang tidak baik.
  3. Susuilah anak anda lebih lama. Program pemerintah dan badan kesehatan dunia menganjurkan menyusui eksklusif selama 6 bulan, lanjutkan pemberian ASI meskipun anak anda telah mendapat makanan lain.
  4. Ajari anak-anak untuk makan sayuran hijau.
  5. Ajaklah anak untuk terbiasa makan buah-buahan.
  6. Dapatkan lemak dari ikan. Lemak tersebut baik terhadap kesehatan maupun kecerdasan.
  7. Kurangi asupan garam dan gula. Hindari makanan pabrikan, kalengan dan olahan untuk anak.
  8. Jangan terlalu banyak susu sapi. Kadang orang tua merasa puas jika anak sulit makan tetapi banyak minum susu. Minum susu yang berlebihan dapat mengurangi napsu makan anak sehingga asupan buah dan sayuran.
  9. Sebaiknya pilih tempat tinggal yang jauh dari jalan raya atau pom bensin.
  10. Hindari anak anda berkontak dengan telepon genggam.
  11. Hindari pembunuh serangga dalam bentuk apapun.
  12. Jangan terlalu ‘bersih”. Paparan terhadap kuman-kuman di sekitar dapat meningkatkan daya tahan tubuh termasuk makan makanan segar.
  13. Hindari penggunaan antibiotik yang tidak perlu. Bijak menggunakan antibiotik membuat kita bersahabat dengan kuman baik dalam tubuh kita yang dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh.
  14. Jika memungkinkan, tanamlah pohon buah dan sayur bersama, dan nikmati segarnya vitamin dan mineral alami.
  15. Tidak perlu menambahkan kosmetik, pengharum atau pelembab kulit untuk bayi dan anak-anak. Andapun tidak perlu menggunakannya saat hamil.
  16. Ajak mereka beraktivitas. Olahraga dan permainan di luar ruangan membuat anak aktif, segar dan bugar dengan demikian meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.
  17. Biarkan anak dalam berat badan ideal. Anak-anak gemuk bukan saja berisiko penyakit metabolic tetapi juga penyakit kanker.
  18. Ajari mereka untuk menjaga diri dari sex bebas. Bagi anak perempuan kanker rahim disebabkan terutama oleh berganti-ganti pasangan seksual.
  19. Ciptakan keluarga dan hidup yang bahagia, tidak penuh tekanan mental. Berbagai penelitian menunjukkan depresi dapat menjadi faktor pencetus kanker. (WK)

Sumber:

Protect your kids from cancer. http://www.canceractive.com

Share artikel ini: