1. Cucilah tangan sesering mungkin

Menjaga agar tangan tetap bersih adalah salah satu langkah terpenting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah Anda jatuh sakit dan menyebarkan kuman kepada orang lain. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang bersih selama minimal 20 detik. Apabila tidak tersedia sabun dan air bersih, gunakan produk pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

2. Menjaga agar tetap hangat

Udara yang sangat dingin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius, terutama pada anak usia dini dan orang lanjut usia. Jagalah agar tetap kering, dan berpakaianlah cukup hangat dengan beberapa helai baju yang longgar terbuat dari kain tenunan rapat.

3. Hindari stress

Liburan tidak perlu mengorbankan kesehatan Anda. Jagalah agar Anda tidak melakukan terlalu banyak janji temu/aktivitas dan tidak menghamburkan terlalu banyak biaya. Seimbangkan antara kerja, rumah, dan bersantai. Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman. Lakukan pengaturan waktu. Tetaplah santai dan berpikir positif

4. Bepergian dengan aman

Apakah Anda hanya bepergian dalam kota atau keliling dunia, pastikan perjalanan Anda aman. Jangan mengemudi dalam keadaan mabuk, jangan biarkan seseorang menyetiri Anda dalam keadaan mabuk. Kenakan sabuk pengaman setiap kali Anda mengemudi atau berada dalam kendaraan. Gunakan carseat atau sabuk pengaman untuk anak Anda, yang sesuai dengan tinggi, berat dan usianya.

5. Jangan merokok

Hindari merokok dan menghirup asap rokok. Bila Anda merokok, berhentilah sekarang.

6. Lakukan medical check-up dan imunisasi

Tes dan pengujian dapat membantu menemukan problem sebelum dimulai, dan lebih awal saat terbuka kesempatan pengobatan yang lebih baik. Imuniasi membantu mencegah penyakit dan menyelamatkan banyak nyawa. Jadwalkan kunjungan ke dokter atau RS untuk medical check up. Tanyakan imunisasi dan tes apa yang harus Anda lakukan berdasarkan usia, gaya hidup, rencana perjalanan, riwayat kesehatan, dan riwayat penyakit dalam keluarga.

7. Awasi anak Anda

Anak-anak lebih beresiko mendapat kecelakaan yang dapat menyebabkan kematian dan cacat. Awasi anak saat mereka makan dan bermain. Jauhkan mainan, makanan, minuman, alat rumah tangga yang berpotensi bahaya, tertelan (seperti koin atau permen keras), dan obyek bahaya lainnya dari jangkauan anak-anak. Pelajari bagaimana cara menangani anak tersedak. Pastikan mainan digunakan dengan cara yang benar.

8. Hindari cedera

Cedera akibat jatuh dan api umum terjadi selama liburan. Gunakan bangku pijakan (step stool) ketimbang perabot lainnya untuk menggantung hiasan/dekorasi. Jauhkan lilin dari anak-anak, binatang peliharaaan, lorong, pohon, dan tirai. Jangan tinggalkan oven tanpa pengawasan. Jangan gunakan peralatan memanggang dalam tempat tertutup di rumah atau garasi.

9. Siapkan makanan dengan cara yang aman

Selama menyiapkan makanan, jagalah agar Anda dan keluarga tetap aman. Basuhlah  tangan dan permukaan meja/lantai sesering mungkin. Hindari kontaminasi dari daging mentah, unggas, seafood, isi telur mentah dari makanan matang dan siap saji serta permukaan meja makan. Masak makanan dengan temperatur yang seharusnya sampai matang. Dinginkan makanan dengan benar. Jangan meninggalkan sisa makanan lebih dari 2 jam.

10. Makan makanan sehat dan cukup beraktivitas

Dengan penyeimbangan dan tidak melakukan sesuatu secara berlebihan, Anda dapat menikmati liburan dengan sehat. Pilih buah segar sebagi pengganti permen. Pilih hanya satu atau dua makanan kesukaan Anda dari sederet makanan ”penuh dosa”. Temukan cara yang menyenangkan agar Anda tetap aktif, seperti berdansa. Bergeraklah dengan aktif paling tidak selama 2.5 jam dalam seminggu. Bantu anak-anak dan remaja untuk bergerak aktif paling tidak selama 1 jam sehari. (DWR)

Sumber : www.cdc.gov/family/holiday

Share artikel ini: