Saat anak sedang batuk pilek, sering kali terlihat seperti kesulitan bernafas. Mari kita kenali beberapa hal tentang kesulitan bernafas.

Kecepatan nafas
Saat anak terlihat “sesak nafas”, perlu kita pastikan apakah benar mengalami kesulitan bernafas, salah satu cara adalah dengan menghitung kecepatan nafas (respiratory rate , disingkat RR). Berikut standar kecepatan nafas pada anak:

Sumber: https://www.webmd.com/children/child-breathing-too-fast#1

Bagaimana cara mengukur kecepatan nafas pada anak?

Ukur kecepatan nafas anak saat anak dalam keadaan berbaring dan kondisi tenang (tidak sedang menangis, tertawa atau setelah berlari). Lalu hitung berapa kali dada anak naik ke atas saat bernafas selama 1 menit. Apabila jumlah tarikan nafas per menit lebih banyak dari tabel di atas (sesuai kelompok usianya) maka mungkin memang ada kesulitan bernafas.

Kadangkala anak berhenti menarik nafas selama 5-10 detik lalu kembali menarik nafas seperti biasa, ini hal yang normal. Namun bila henti nafas terjadi lebih dari 10 detik atau anak terlihat biru, segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Bunyi nafas
Selain kecepatan nafas , yang perlu diamati juga adalah bunyi yang terdengar tidak normal saat anak sedang bernafas.

Mengi (Wheezing)
Suara frekuensi tinggi yang terdengar seperti bersiul, dapat didengarkan saat menarik nafas maupun mengeluarkan nafas. Bunyi ini umumnya menandakan ada sesuatu yang membuat sempit saluran pernafasan.

Crackling (Rales)
Bunyi ini terdengar beruntun pendek dan keras, bisa terdengar seperti berderak. Umumnya terdengar saat menarik nafas, tapi bisa juga terjadi saat mengeluarkan nafas.

Stridor
Bunyi kasar dan seperti suitan terjadi setiap kali bernafas. Bisa terdengar keras ataupun pelan. Umumnya tanda ada sesuatu yang menyumbat jalan nafas.

Ronki
Bunyinya terdengar seperti mengi dalam frekuensi rendah, seperti suara mengorok. Umumnya terjadi saat mengeluarkan nafas.

Whooping
Bunyi frekuensi tinggi yang tersengal-sengal yang terjadi sepanjang batuk. Apabila terdengar bunyi ini menandakan terkena penyakit batuk rejan (pertusis) yang sangat menular.(syl)

Sumber: https://www.webmd.com/lung/lung-sounds#1

Share artikel ini: