Tahun 2010 telah kita lewati dan berbagai peristiwa telah mengisi lembar-lembar kehidupan kita bersama. Senang, sedih, bahagia, memberi warna-warni kehidupan kita di tahun yang lalu.

Di akhir tahun, peristiwa yang tidak terlupakan adalah bencana banjir bandang yang menimpa saudara-saudara kita di Wasior, Papua Barat; gempa dan tsunami di Mentawai dan letusan gunung merapi di Yogyakarta.

Bencana merupakan bagian dari kehidupan kita sejak dahulu kala. Saat ini bencana tidak hanya karena alam (natural disaster) namun juga ada bencana karena ulah manusia (man-made disaster). Untuk mencegah dan meminimalkan akibat bencana maka kita perlu mempelajari segala sesuatu mengenai bencana, mempersiapkan diri dan menjaga lingkungan hidup kita.

Topik kali ini adalah mengenai bencana letusan gunung berapi, tsunami dan gempa bumi. Ketiga hal ini akan diangkat dalam beberapa artikel bulan ini. Karena mempersiapkan diri akan membuat kita bisa merespon kejadian dengan tepat dan cepat. Bencana adalah keadaan gawat darurat sehingga mutlak dipersiapkan aksi yang cepat tanggap. Untuk itu setelah memiliki pengetahuan mengenai bencana sangat penting untuk melakukan simulasi penanganan bencana.

Artikel Letusan Gunung Berapi dan Fakta Kunci Letusan Gunung Berapi akan menjelaskan mengenai keadaan saat, apa yang harus dilakukan saat mengadapi letusan gunung berapi. Artikel Selama Gempa Bumi dan Yang harus dilakukan saat terjadi guncangan mencoba memeberikan gambaran saat Anda menghadapi gempa bumi. Artikel Efek Tsunami pada kesehatan dan Tsunami: Sanitasi dan kesehatan seta pembersihan setelah bencana mencoba menggambarkan hal-hal yang harus dilakukan saat dan setelah bencana datang.

Bencana alam seringkali datang tanpa diduga, namun kita bisa meminimalkan akibat yang terjadi dengan bersiap sebaik mungkin

Salam SEHAT

Selamat Tahun Baru 2011

Share artikel ini: