Keselamatan di Dalam Ruangan

Ada beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan – bahkan ketika gempa bumi sedang terjadi – yang dapat mengurangi kemungkinan terluka. Bisa jadi lampu padam dan lorong, tangga, serta jalan keluar tertutup oleh furnitur, runtuhan plafon, dan puing-puing lainnya. Perencanaan dalam menghadapi  situasi ini akan membantu Anda mengambil tindakan yang tepat dan cepat.

  • Jika terjadi gempa bumi, Anda dapat berlindung di bawah meja yang berat. Hal ini dapat memberi Anda ruang udara jika bangunan runtuh. Jika Anda berlindung di bawah meja yang dapat Anda gerakkan, bergeraklah dengan berlindung di bawah meja tersebut.
  • Dinding pembatas atau kusen pintu adalah benda yang paling mungkin runtuh dan juga dapat menjadi pelindung dari runtuhan benda lain. Jika perlindungan lain tidak tersedia, carilah sudut atau pintu yang jauh dari jendela atau panel kaca.
  • Jauhi kaca dan benda-benda tergantung, rak buku, lemari, atau perabot berat lainnya yang bisa rubuh. Hati-hati terhadap benda seperti batu bata dari perapian dan cerobong asap, lampu, hiasan dinding, dan lemari dengan pintu yang dapat mengayun terbuka.
  • Carilah sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari runtuhan puing dan pecahan kaca
  • Jika lampu padam, gunakan senter bertenaga baterai. Jangan gunakan lilin, korek api, atau pemantik selama atau setelah gempa. Jika ada kebocoran gas, dapat terjadi ledakan.
  • Jika Anda berada di dapur, segera matikan kompor dan berlindunglah segera setelah Anda merasakan tanda-tanda pertama gempa.

Bangunan Tinggi

Berlindunglah di bawah meja dan jauhi jendela serta dinding luar. Tetap tinggal di dalam gedung. Listrik mungkin akan padam dan sistem sprinkler (penyemprot kebakaran otomatis) akan bekerja. JANGAN menggunakan lift.

Tempat Umum Tertutup dan Ramai

Jika Anda berada di tempat umum yang ramai, jangan berdesak-desakan untuk mencari jalan keluar. Orang lain akan memiliki pikiran yang sama. Menjauhlah dari rak yang berisi benda-benda yang mungkin jatuh. Jika memungkinkan, berlindunglah dan cari sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah Anda dari runtuhan puing dan pecahan kaca.

Keselamatan di Luar Ruangan

Jika Anda berada di luar ruangan, menjauhlah dari bangunan dan tiang/kabel telepon. Bahaya terbesar dari runtuhan puing hanyalah di sekitar pintu keluar dan dinding luar. Setelah Anda berada di tempat terbuka, tinggallah di sana sampai gempa berhenti.

Kendaraan

Jika Anda berada dalam kendaraan yang sedang bergerak, berhentilah secepat dan seaman mungkin. Berpindahlah ke bahu jalan atau tikungan, jauh dari tiang listrik, kabel yang terletak di atas kepala dan jalan bawah tanah atau jalan layang. Tetaplah berada dalam kendaraan, pasang rem tangan, nyalakan radio yang menyiarkan informasi darurat. Mobil dapat terguncang dengan keras, tetapi merupakan tempat yang baik untuk berlindung sampai gempa berhenti.  Jika Anda berada dalam situasi yang mengancam jiwa, Anda dapat menghubungi seseorang dengan telepon selular atau telepon bantuan darurat di pinggir jalan. Ketika Anda berkendara, berhati-hatilah terhadap kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa, seperti retakan aspal, tiang dan kabel yang rubuh, atau jembatan dan jalan layang yang runtuh. (DWR)

Sumber : CDC

Share artikel ini: