Apa itu Sariawan?

Siapapun yang pernah menderita sariawan pasti tahu bahwa luka kecil pada mulut ini bisa sangat menyakitkan. Sariawan bisa muncul pada bagian dalam bibir atau pipi, di bawah lidah atau pada bagian dasar gusi. Pada satu saat, biasanya hanya muncul satu sariawan, tapi terkadang sariawan muncul secara berkelompok juga. Sariawan biasanya hilang sendiri dan tidak menular. Jadi seseorang tidak akan tertular sariawan (dari orang lain) dengan , misalnya, minum dari gelas yang sama.

Apa saja tanda-tanda sariawan?

Sariawan berbentuk bundar dan biasanya berukuran sebiji jagung (sekitar 6 mm), tapi bisa lebih besar dari itu. Bila sariawan dilihat dengan cermin, akan tampak bentukan putih atau kuning dengan garis merah mengelilinginya.

Sariawan terasa sakit, terutama saat kita makan sesuatu yang keras, renyah , asin atau asam (seperti jus jeruk).

Apa penyebab sariawan?

Tidak ada yang tahu pasti penyebab sariawan. Namun stress sangat mungkin memicu terjadi sariawan. Sariawan juga mungkin muncul jika makanan seseorang tidak mengandung cukup vitamin dan mineral.

Bagian dalam mulut kita adalah bagian yang peka. Luka pada mulut ,seperti luka akibat gigitan pada bagian dalam bibir atau menggosok gigi terlalu keras, dapat mengakibatkan muncul sariawan.

Siapapun bisa terkena sariawan dan menurun dalam keluarga, artinya jika ibu atau ayah sering mengalami sariawan maka anak akan sering terkena sariawan juga.

Cold sore (fever blisters = lepuhan demam) adalah jenis lain dari luka mulut yang disebabkan oleh virus. Ini sering kali terjadi pada bagian luar mulut, di sekitar bibir, pipi atau dagu, atau di bagian dalam lubang hidung. Cold sore menular, tidak seperti sariawan.

Bagaimana mengobati sariawan?

Kebanyakan sariawan terasa sakit beberapa hari saat awal muncul, dan memerlukan waktu sekitar 2 minggu untuk sembuh. Sambil menunggu sembuh, berhati-hatilah saat makan dan menggosok gigi. Minum dengan sedotan juga dapat membantu proses penyembuhan. Mengelupas sariawan dapat membuat sakitnya menjadi lebih buruk. Untuk mengurangi rasa sakit mungkin diperlukan obat, konsultasikan dengan dokter untuk menentukan obat yang tepat.

Jika sariawan berukuran besar, dan belum membaik setelah lebih dari seminggu, atau membuat susah untuk makan, temui dokter atau dokter gigi. Mereka akan meresepkan obat atau obat kumur khusus untuk membantu proses kesembuhan sariawan.

Apakah sariawan dapat dicegah?

Tidak ada cara pasti untuk mencegah sariawan, namun akan lebih baik bila kita makan makanan sehat, cukup tidur dan mencoba untuk tidak terlalu khawatir dan marah. Tidak perlu juga terlalu mengkhawatirkan sariawan itu sendiri, memang akan menyakitkan di awal munculnya tapi akan hilang tanpa kita sadari. (Sylvi)

Sumber : http://kidshealth.org/en/kids/canker.html

Share artikel ini: