Masa kehamilan adalah masa yang paling baik untuk berhenti merokok. Anda akan merasa lebih baik dan memiliki energi yang lebih untuk melewati masa kehamilan ini. Anda juga akan bisa mengurangi resiko kesehatan seperti sakit jantung, kanker, dan masalah pada paru-paru anda. Keuntungan dari berhenti merokok memang besar, tapi prosesnya sendiri tidak mudah, ditambah mengingkatnya level stress pada masa kehamilan tersebut. Walaupun perjalanan untuk berhenti ini cukup berat, ada terdapat beberapa sumber yang dapat membantu anda untuk menghilangkan kebiasaan ini.

Fakta Mengenai Merokok Pada Waktu Hamil:

Ketika anda merokok.. maka bayi anda juga ikut merokok. Ketika anda merokok, anda menghisap racun seperti nikotin dan karbon monoksida. Racun-racun ini bisa masuk ke dalam plasenta, yaitu itu jaringan yang menghubungkan anda dengan bayi anda, yang fungsinya mengirimkan oksigen dan nutrisi dan membuang kotorannya. Racun ini akan menyebabkan bayi anda tidak mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup untuk kebutuhan dia berkembang.

Merokok pada masa kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang, kelahiran dini, dan kematian pada bayi. Menurut American Lung Association, merokok pada masa kehamilan diperkirakan menjadi penyebab dari 20 sampai 30 persen kelahiran bayi dengan berat badan kurang, 14 persen kelhiran dini, dan sekitar 10 persen penyebab kematian pada bayi baru lahir.

Perokok pasifpun DAPAT menyebabkan masalah pada bayi anda. Menurut American Lung Association, ditemukan bahwa wanita yang menjadi perokok pasif pada saat hamil memiliki risiko melahirkan bayi dengan berat badan kurang, atau resiko kesehatan lainnya.

Terdapat resiko pada kesehatan bayi dalam jangka panjang. Merokok pada saat kehamilan dapat menyebabkan bayi anda mengalami batuk pilek yang cukup sering, masalah pada paru-paru, keterlambatan dalam belajar, dan masalah pada pertumbuhan fisiknya.

Jika si ibu tetap meneruskan kebiasaan merokok setelah bayinya lahir, maka bayi tersebut akan lebih sering mengalami pilek, batuk-batuk, atau otitis media. Paru-paru bayi masih sangat kecil, dan asap rokok akan membuat mereka lebih sulit untuk bernapas. Hal ini bisa juga menyebabkan bayi mengalami brochitis dan pneumonia.

Terapi pengganti nikotin masih dapat memberikan efek samping pada bayi anda. Sebelum anda menggunakan pengganti nikotin, diskusikan dulu dengan dokter anda, untuk menentukan apa yang paling baik untuk bayi anda.

Rencana Anda untuk Berhenti:

Sangat dipahami bahwa menghentikan kebiasaan merokok tidaklah mudah, namun kami percaya bahwa anda bisa melakukannya! Jika anda sudah mulai memikirkan untuk berhenti, buatlah rencana dan persiapan anda.

1. Buatlah daftar yang berisi alasan dan keuntungan dari berhenti merokok.

Beberapa keuntungan untuk bayi anda:

  • Mengurangi resiko bayi anda lahir dengan berat kurang, atau lahir terlalu cepat
  • Meningkatkan jumlah nutrisi dan oksigen yang diterima oleh bayi
  • Mengurangi resiko adanya masalah kesehatan pada bayi anda
  • Meningkatkan oportunitas bahwa bayi anda akan pulang bersama anda dari rumah sakit

Beberapa keuntungan untuk anda:

  • Mengurangi resiko adanya masalah kesehatan di masa datang, seperti penyakit jantung, kanker, atau penyakit paru-
  • Memberikan anda energi lebih untuk melalui masa kehamilan
  • Menghemat uang dan dapat dialokasikan untuk membeli keperluan bayi anda

2. Ubah Kebiasaan Anda.

Mengubah kebiasaan merokok setelah makan, dengan membuat tradisi atau kebiasaan baru, seperti berjalan sekeliling rumah atau membaca buku favorit anda tentang kehamilan.

3. Miliki Sistem Dukungan yang Kuat.

Menghilangkan kebiasaan merokok adalah hal yang tidak mudah, oleh karena itu memliki teman atau keluarga yang bisa dijadikan teman bicara akan sangat membantu. Berada di antara orang-orang yang tidak merokok juga dapat membantu anda.

4. Mintalah Bantuan kepada Dokter Anda.

Dokter anda akan sangat senang jika dapat membantu anda menemukan program atau alat bantu untuk anda agar dapat berhenti mereka, seperti nicotine patches, permen karet, alat hisap, atau obat-obatan lainnya. Ada beberapa alat bantu yang bisa diresepkan oleh dokter atau ada juga obat-obatan yang bisa langsung dibeli di apotek (over-the-counter). Diskusi dulu dengan dokter, sebelum anda menggunakan alat bantu tersebut. Alat tersebut masih mengandung nikotin, dan bisa memberikan efek samping pada pertumbuhan dan kesehatan bayi anda.

5. Tentukan Tanggal Berhenti.

Hari tersebut adalah hari di mana anda membuang semua rokok dan asbak anda.

Tips Cepat untuk Berhenti:

  • Buat mulut dan tangan anda ‘sibuk’ (mengunyah permen karet, mempersiapkan acara baby shower untuk bayi anda, membuat kerajinan tangan, dll)
  • Ketika anda memiliki keinginan untuk merokok, lihatlah kembali daftar alasan berhenti merokok yang sudah anda tulis.
  • Hubungi orang yang mendukung anda untuk berhenti, setiap saat anda ingin merokok.
  • Jangan membiarkan diri anda berada di natara orang-orang yang merokok atau tempat yang tidak bebas rokok. (RK)

Sumber :

“Smoking and your Baby: Need Help Putting Down That Cigarette?”, American Pregnancy Association, http://www.americanpregnancy.org/pregnancyhealth/smoking.html

Share artikel ini: