larutan 10% dan 25%

catatan : podophyllotoxin adalah zat aktif utama dari golongan podophyllum. Obat ini merupakan obat utama dari golongannya, jenis yang lain dapat dipakai sebagai alternative.

Indikasi : kutil dareh anus dan kelamin, kutil di telapak kaki.

Kontraindikasi : kehamilan, menyusui, anak usia di bawah 2 tahun.

Perhatian : hindari penggunaan pada area yang luas, hindari kontak dengan selaput lendir, sangat mengiritasi mata, hindari pemakaian daerah wajah, jangan oleskan pada kulit yang utuh atau luka terbuka.

Cara pemakaian :

Harus dilakukan oleh tenaga medis yang terlatih.  Dioleskan dengan hati-hati oleh tenaga medis yang terlatih, dan didiamkan selama 6 jam kemudian dicuci dengan air dan sabun, dapat diulangi setiap seminggu sekali tapi jangan lebih dari 4 kali pemakaian, hanay beberapa kutil yang dapat diobati pada satu kali pemakaian.

Gangguan ginjal dan hati : tidak perlu penyesuaian dosis.

Efek samping : iritasi, pewarnaan kulit. Cukup jarang : rasa terbakar, peradangan, nyeri, erosi kulit. Sangat jarang : efek sistemik karena diserap kulit yaitu : mual, muntah, nyeri perut, diare, penurunan jumlah trombosit, penurunan jumlah leukosit, gagal ginjal, kerusakan hati, gangguan saraf pusat seperti reaksi psikotik akut, halusinasi, kebingungan, pusing, penurunan kesadaran, ataxia, kelemahan otot, kejang, koma, gangguan saraf tepi dan saraf otonom.

Interaksi obat : tidak ditemukan interakasi obat yang signifikan namun hindari penggunaan bersamaan dengan obat topical lainnya .

Catatan : pertimbangkan segi kooperatif pada anak-anak pada saat pemakaian, karena dapat menimbulkan iritas I yang serius jika terpapar pada kulit yang normal.

Share artikel ini: