Pengobatan alternatif sering disebut juga complementary and alternative medicine merupakan tatalaksana penyakit di luar pengobatan standar yang dianjurkan. Pengobatan standar adalah pengobatan medis yang telah dibuktikan berdasarkan penelitian ilmiah. Pengobatan alternatif terdengar menjanjikan kesembuhan namun tidak pernah diteliti atau diketahui bagaimana obat-obatan tersebut bekerja dalam tubuh.  Nama lain dari pengobatan alternatif adalah pengobatan tradisional, pengobatan Holistik, atau pengobatan integrasi. Ciri dari pengobatan alternatif adalah tidak memiliki dasar penelitian ilmiah, tidak masuk dalam kurikulum pendidikan kedokteran, dan pada umumnya tidak diresepkan oleh dokter.

Beberapa contoh pengobatan alternatif yaitu aromaterapi, homeopathic, herbal, chiropractic, hypnosis, naturopati dan masih banyak lagi lainnya.

Berikut adalah tips jika anda berniat menggunakan terapi alternatif:

–          Diskusikanlah pengobatan alternatif yang anda jalani dengan dokter yang merawat anda terlebih dahulu.

–          Pastikan dokter anda mengetahui terapi alternatif yang anda lakukan.

–          Jangan menghentikan pengobatan medis dari dokter  dan menggantikannya dengan pengobatan alternatif.

–          Pengobatan tersebut belum tentu aman apalagi untuk anak-anak. Meskipun tertulis pada brosur kemasan bahwa aman untuk dikonsumsi anak-anak, tapi harus berhati-hati penggunaannya untuk anak-anak.

–          Sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan alternative setidaknya satu minggu sebelum pembedahan karena tidak ada yang tahu efek dari pemberian obat-obatan tersebut. (WK)

In God we trust, all others must have data (Dr Claude Organ)

Sumber:

  1. Complementary medicine. Pharmaceutical society of Australia. http://www.vpharmacy.com.au/assets/media/health_advice_pdf/self_help/Complementary_Medicines_Oct2011_V3.pdf
  2. Complementary and alternative medicine. National cancer institute. http://cancer.gov
  3. Sastroasmoro S. Complementary and alternative medicine. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Share artikel ini: