Indeks kualitas udara atau air quality index (AQI) adalah indeks untuk melaporkan kualitas udara yang kita hirup. Indeks ini melaporkan seberapa bersih atau terpolusi udara yang kita hirup dan apa gangguan kesehatan yang menjadi perhatian kita. Indeks kualitas udara dihitung dari lima polutan utama udara yaitu ozon di permukaan, bahan partikulat, karbon monoksida, sulfur dioksida dan nitrogen dioksida.

Indeks kualitas udara diukur dari 0 sampai dengan 500. Semakin tinggi AQI maka semakin besar polusi udara yang terjadi. Sebagai contoh AQI 50 menunjukkan kualitas udara yang baik dengan potensi yang kecil untuk menyebabkan gangguan kesehatan, sementara AQI >300 menunjukkan kualitas udara yang berbahaya.

Nilai AQI 100 sebagai nilai kualitas standart untuk polutan. Nilai AQI <100 ditetapkan sebagai target, saat nilai AQI >100 maka kualitas udara dianggap tidak sehat terutama pada kelompok orang yang sensitif terhadap polusi.

Indeks kualitas udara dibagi menjadi 6

Nilai 0-50              : maka kualitas udara baik; ditunjukan dengan warna hijau. Jarak pandang 5-10 km, tidak diperlukan perlindungan khusus.

Nilai 51-100         : maka kualitas udara sedang; ditunjukan dengan warna kuning. Beberapa polutan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada sedikit kelompok orang misal pada orang yang sensitif terhadap ozon akan terdapat gangguan pernapasan.  Jarak pandang 3-5 km maka kurangi aktivitas di luar ruangan

Nilai 101-150       : maka kualitas udara tidak sehat untuk kelompok yang sensitif; ditunjukan dengan warna orange. Orang dengan penyakit paru, orang lanjut usia dan anak sangat berisiko terpapar ozon, orang dengan penyakit paru dan jantung, lanjut usia dan anak sangat berisiko karena bahan partikulat di udara

Nilai 151-200       : maka kualitas udara tidak sehat; ditunjukan dengan warna merah. Semua orang dapat terkena efek kesehatan, kelompok berisiko akan mengalami efek yang lebih berat. Jarak pandang 2-3 km maka kurangi aktivitas di luar ruangan, gunakan masker di luar ruangan, hentikan olah raga di luar ruangan.

Nilai 201-300       : maka kualitas udara sangat tidak sehat; ditunjukan dengan warna ungu. Semua orang dapat terkena gangguan kesehatan yang lebih berat. Jarang pandang <2 km maka hindari ke luar ruangan terutama pasien dengan gangguan kesehatan, gunakan masker di luar ruangan.

Nilai 301-500       : maka kualitas udara berbahaya; ditunjukan dengan warna marun. Semua orang akan mengalami gangguan kesehatan. (Yulianto)

Sumber:

http://airnow.gov/index.cfm?action=aqibasics.aqi

http://aqicn.org/mask/

http://www.greenpeace.org/eastasia/campaigns/air-pollution/problems/coal-hard-truth-air-pollution/

Share artikel ini: