“Mari menjadi konsumen kesehatan yang lebih aktif”

Keselamatan dan keamanan pasien tidak hanya menjadi tanggung jawab tenaga kesehatan (dokter, perawat, apoteker, laboran, dll ). Peran aktif pasien juga sangat dibutuhkan untuk mencegah kesalahan atau kelalaian medis yang mungkin terjadi pada dirinya. The Joint Commission, Amerika Serikat meluncurkan program SPEAK UP, yang mengajak peran aktif pasien dalam pencegahan kesalahan medis. Artikel  Pasien perlu SPEAK UP akan membantu anda bagaimana menjadi pasien yang berperan aktif dalam perawatan dan pelayanan kesehatan yang diberikan pada anda.  Artikel Ketahuilah hak-hak anda sebagai pasien akan membantu anda untuk berani memperjuangkan hak sebagai konsumen kesehatan, hal ini sangat penting demi  keselamatan anda.

Berbagai tindakan medis maupun pengobatan yang mungkin dilakukan pada anda bukannya tanpa risiko, artikel Mencegah Kesalahan dalam Pembedahan, Mencegah Kesalahan dalam Laboratorium, dan Cara Menghindari Kesalahan dalam Penggunaan Obat dapat membantu anda berperan aktif dalam mencegah kelalaian medis.

Sebagai orang tua, Andalah pengacara, pendamping, dan pengambil keputusan untuk perawatan medis terhadap anak anda. Artikel Mencegah Kesalahan Pada Layanan Kesehantan Anak dan Anak Anda Sakit? dapat membantu anda melindungi keselamatan anak Anda. Artikel Anak Bukanlah Dewasa dalam Ukuran Mini dapat membantu anda dalam memberikan obat-obatan yang dijual bebas untuk anak.

Mari berperan aktif  untuk pelayanan kesehatan yang lebih aman dan lebih transparan.

Salam SEHAT

Share artikel ini: