Asah, Asih, Asuh…learning by doing

His Name is Today

“We are guilty of many errors and many

faults,

But our worst crime is abandoning the

children,

Neglecting the fountain of life.

Many of the things we need can wait,

The child cannot wait.

Right now is the time his bones are being

formed,

His blood is being made,

And his senses are being developed.

To him we cannot answer ‘tomorrow’

His name is Today.

Gabriela Mistral

Nobel Prize Winning Poet from Chile

Kutipan di atas merupakan kutipan yang seringkali ada di setiap buku paspor kesehatan anak. Mengingatkan kita akan pentingnya perhatian kepada anak. Perhatiaan kepada anak merupakan perhatian yang menyeluruh, kesehatan, tumbuh kembang, nutrisi, perilaku, disiplin dan banyak lagi. Semuanya adalah asah, asih dan asuh. Bagaimana kita memandu anak meningkatkan kemampuannya, merangsang keingintahuan anak, memberikan perhatian, memberikan peraturan dengan tujuan dia menjadi disiplin dan menjaga anak sepanjang hidupnya, mendampinginya selalu.

Menjadi orang tua merupakan salah satu fase dalam kehidupan yang dijalani manusia. Ilmu asah asih dan asuh merupakan ilmu yang didapat dengan menjalaninya. Teori mengenai asah asih dan asuh sudah ada dan banyak, tetapi yang terpenting adalah belajar terus sambil menjalankannya. Belajar tidak dari teori tetapi juga dari pengalaman orang –orang di sekitar kita. Yang terpenting kitalah yang akan memutuskan yang terbaik untuk keluarga kita.

Highlight kali ini mencoba membantu dengan artikel seputar asah, asih dan asuh… bagaimana persiapan dan perubahan saat menjadi orang tua baru. Komunikasi merupakan hal terpenting, terutama antar pasangan. Kemesraan dan waktu khusus bersama pasangan harus selalu ada walau dengan kehadiran bayi. Artikel mengenai panduan umum mengasuh anak, bagaimana menghadapi persaingan antar saudara dengan kehadiran adik baru. Seputar latihan menggunakan toilet, memberikan perintah dan disiplin untuk anak dengan waktu jeda (time-out) dan waktu untuk masuk (time-in) bisa menambah bacaan bapak/ibu atau calon bapak/ibu. Terdapat juga artikel mengenai ketakutan pada anak, ketakutan untuk berpisah, kepercayaan diri anak dan tips menghadapi tantrum.

Manusia merupakan makhluk yang terus berkembang dalam fase-fase kehidupan, belajar langsung dari kehidupan dengan mempersiapkan diri terlebih dahulu akan membuat kita berani menjalani hidup. Jangan pernah takut dan selamat belajar, karena asah asih dan asuh merupakan fase hidup yang akan kita semua jalani. Membesarkan anak adalah sesuatu yang menyenangkan.

Selamat belajar

Salam SEHAT

Share artikel ini: