Lembar fakta untuk para orangtua dan guru

Lembar fakta ini melihat adanya alasan di balik pentingnya menggunakan ketrampilan untuk menjadi orangtua yang baik sejak dini.

Pendahuluan

Menjadi orang tua adalah bagian yang penting dari mencintai dan menbesarkan anak Anda. Menjadi orangtua adalah soal memberikan kehidupan rumah tangga yang hangat dan aman, membantu anak Anda untuk memahami peraturan dalam kehidupan (misalnya, bagaimana cara berbagi, menghormati orang lain dan sebagainya) dan membangun rasa percaya diri. Anda mungkin harus menghentikan mereka saat mereka melakukan sesuatu yang seharusnya tidak mereka lakukan, namun Anda juga harus mendorong mereka untuk melakukan berbagai hal yang Anda ingin untuk mereka lakukan.

Mengapa parenting menjadi sesuatu yang penting?

Peraturan adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Peraturan membuat kita dapat bergaul dengan orang lain. Bila anak-anak tidak belajar bagaimana harus berperilaku, mereka akan sulit untuk bergaul dengan orang lain, baik dengan orang dewasa maupun dengan anak-anak yang lain. Mereka akan mendapatkan kesulitan untuk belajar di sekolah, akan melakukan perilaku yang tidak diterima dan mungkin akan berakhir dengan rasa frustrasi atau ketidakbahagiaan.

Apa yang bisa membantu Anda?

Penting untuk memastikan bahwa anak-anak merasa aman, dicintai dan dihargai, dan penting juga untuk menunjukkan bahwa mereka diperhatikan saat mereka berperilaku baik. Kiatnya adalah dengan menemukan cara-cara yang bisa digunakan oleh Anda dan anak Anda. Berikut ini adalah beberapa kiat:

Bersikap konsisten

Bila Anda tidak dapat mengikuti peraturan, maka anak Anda akan belajar bahwa bila peraturan itu diabaikan, Anda mungkin tidak akan melakukan apa-apan.

Berikan banyak pujian

Biarkan anak-anak Anda tahu bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang baik, dan Anda puas dengan apa yang mereka lakukan. Misalnya, berikan mereka pelukan, berikan ciuman dan katakan pada mereka bahwa mereka sangat baik. Anda harus segera melakukan hal ini.

Buat perencanaan

Akan sangat membantu bila Anda dan anak Anda mengetahui peraturan yang berlaku untuk situasi tertentu sebelum situasi itu terjadi. Jangan baru membuat peraturan saat ada kejadian (misalnya, waktu tidur adalah pukul 7 malam, maka pastikan Anda berdua mematuhi peraturan tersebut).

Libatkan anak Anda

Duduk bersama dengan anak Anda dan bicarakan dengan mereka bagaimana berperilaku yang baik. Anda mungkin akan terkejut dengan banyaknya hal-hal yang sama-sama Anda setujui.

Bersikap tenang

Ini mungkin sulit untuk dilakukan saat situasi sedang panas, namun bersikap tenang dapat membantu Anda. Bersikapkan tenang dan katakan dengan jelas perintah anda, misalnya ‘tolong matikan TV’ atau ‘sekarang sudah waktunya tidur.’

Berikan perintah yang jelas

Misalnya ‘tolong bereskan mainanmu’ akan dengan jelas membuat anak Anda mengerti apa yang diharapkan dari mereka. Namun bila Anda mengatakan bahwa mereka harus ‘bersikap baik’ maka perintah Anda tidak akan jelas untuk mereka. Bila anak Anda tidak dapat memahami apa yang Anda inginkan, mereka tidak akan bisa mematuhi perintah Anda. Berikan perintah pendek dengan jelas.

Bersikap realistis

Janganlah menjanjikan hadiah yang indah atau hukuman yang berat bila Anda tidak sanggup memenuhinya. Akan lebih baik bila Anda menawarkan hadiah-hadiah kecil dibandingkan hukuman. Misalnya ‘bila kau sudah membereskan kamarmu, kamu boleh makan eskrim.’ Jangan mengharapkan keajaiban. Bila anak Anda hanya membereskan sebagian dari ruangan kamarnya, berikan pujian karena mereka sudah mau memulainya.

Pentingnya kualitas hubungan Anda

Bila saat sulit datang, sulit sekali rasanya untuk melupakan bahwa Anda dan anak-anak Anda sebetulnya dapat memiliki waktu-waktu yang menyenangkan bersama. Baik Anda maupun anak Anda bisa saja merasa marah dan kesal. Jadi Anda harus merencanakan waktu khusus untuk bersenang-senang bersama. Misalnya, Anda dapat bermain game, atau membacakan buku, atau memasak bersama mereka selama 10 menit dalam sehari.

Bagaimana hubungan bisa menjadi kacau

Pengalaman Anda sendiri pada masa kecil sangatlah penting. Bila Anda sering sekali menerima hukuman, Anda mungkin akan melakukan hal yang sama pada anak-anak Anda. Atau Anda mungkin bisa melakukan hal sebaliknya dan sulit sekali bagi Anda untuk bersikap jelas sebagaimana seharusnya. Bila kedua orangtua tidak  saling setuju tentang suatu peraturan, anak-anak mereka bisa menjadi bingung karena mereka tidak tahu peraturan siapa yang harus dituruti. Mereka mungkin malah belajar bahwa bila mereka tidak bisa mendapatkan sesuatu dari orangtua yang satu yang perlu mereka lakukan adalah pergi dan menemui orangtua yang lainnya.

Menjadi orangtua membutuhkan banyak sekali energi! Mudah sekali untuk kehilangan kendali bila Anda merasa tertekan, lelah, sangat sibuk, atau tidak mendapatkan bantuan untuk menghadapi anak-anak Anda. Tanpa peraturan, anak-anak akan mudah sekali terbiasa untuk melakukan perilaku yang tidak baik.

Dimana saya bisa mendapatkan bantuan?

Membicarakan masalah Anda dengan orangtua yang lain atau kawan-kawan Anda seringkali sangat membantu. Bicaralah dengan guru-guru anak Anda, karena mungkin saja ada masalah yang sama di sekolah. Akan sangat membantu bila Anda dan guru anak Anda bisa bekerjasama dan bersetuju untuk menyelesaikan masalah tersebut bersama-sama. Mengubah perilaku seorang anak adalah sesuatu perkerjaan yang lama dan sulit untuk dikerjakan, namun tetap bisa dikerjakan. Anda bisa berbicara dengan pemberi layanan kesehatan, perawat di sekolah, atau dokter umum untuk mendapatkan informasi.  Apabila Anda membutuhkan bantuan spesialis, mereka dapat membeirkan saran untuk pergi ke layanan kesehatan mental anak dan remaja terdekat. Seorang spesialis bisa membantu Anda untuk menemukan penyebab timbulnya masalah dan juga memberikan sara yang praktis untuk menyelesaikan masalah Anda.

Winni M.

Sumber :

http://www.rcpsych.ac.uk/pdf/Sheet2.pdf

Share artikel ini: