Setelah pasangan menjadi orang tua maka komunikasi menjadi hal yang penting. Orang tua seringkali berada di bawah tekanan/stres dan mereka berisiko untuk mengabaikan hubungan mereka saat pada kenyataannya hubungan antar orang tua hal yang paling penting dalam hubungan di keluarga. Untuk menjaga komunikasi selalu berjalan bukan hal yang mudah, ada saat-saat dimana pasangan mengalami kesulitan komunikasi biasanya saat stres. Komunikasi membutuhkan usaha dan merupakan investasi.

Orang tua harus menjadi komunikator yang efektif sehingga anak mereka mempelajari kemampuan ini pula.

Waktu

Menghabiskan waktu bersama sebagai pasangan sangat penting di setiap hubungan. Waktu  bersama tersebut akan sulit didapat saat sudah ada anak-anak. Untuk itu orang tua sebaiknya mengusahakan untuk menyediakan waktu yang khusus dihabiskan bersama pasangan. Jika tidak dapat setiap hari, tidak apa-apa, yang terpenting adalah orang tua menyiapkan waktu untuk bersama berdua secara teratur. Waktu yang disepakati bisa setiap hari, setiap 2 hari atau sekali seminggu apapun pekerjaan orang tua. Waktu spesial ini bisa dihabiskan dengan bicara bersama, melakukan aktivitas bersama atau melakukan hal yang menarik bersama. Yang penting adalah waktu ini dihabiskan untuk berkomunikasi. Waktu spesial tidak akan tercipta begitu saja tetapi harus direncanakan dan diusahakan oleh kedua orang tua.

Komunikasi efektif

Hal yang juga bagian penting dari komunikasi antar orang tua adalah belajar untuk melakukan dengan efektif. Jika orang tua tidak berkomunikasi secara efektif maka akan lebih mudah untuk memberikan cara tidak efektif tersebut kepada anak-anak mereka.

  • Untuk berkomunikasi secara efektif maka kata-kata harus sesuai dengan tindakan. Contoh jika salah satu orang tua berkata tidak marah tetapi dengan wajah marah, intonasi suara marah maka kata-kata tidak sesuai tindakan dan komunikasi yang efektif tidak terjadi. Saat orang tua melakukan hal ini maka mereka mengirimkan pesan yang bercampur. Orang tua sebaiknya jujur dengan perasaannya. Jika mereka marah maka mereka sebaiknya menggunakan cara yang sesuai untuk menyatakan kemarahannya.
  • Sentuhan adalah cara yang sangat baik untuk berkomunikasi nonverbal. Melalui sentuhan di punggung atau pelukan adalah cara yang baik menunjukkan penghargaan kepada pasangan atau kepada anak.
  • Hadir dan mendengarkan adalah dua kemampuan yang sebaiknya dimiliki untuk komunikasi yang efektif. Hadir berarti memberikan perhatian sepenuhnya kepada orang yang melakukan percakapan. Hal ini bisa dilakukan dengan menghentikan semua aktifitas lainnya, melihat mata orang yang berbicara dan tidak memotong. Mendengarkan berarti memberikan perhatian kepada apa yang dikatakan tidak hanya dari kata-kata tetapi juga dari bahasa tubuh.
  • Memberikan dan bertanya mengenai umpan balik untuk menolong mengembalikan bila salah komunikasi. Memberikan umpan balik berarti mengulangi kepada pembicara apa yang anda dengar atau pebicara katakan untuk memastikan anda mendapat pesan yang ingin disampaikan. Bertanya umpan balik adalah cara untuk memastikan bahwa pendengar menerima pesan yang ingin anda sampaikan.
Jangan dilakukan Boleh dilakukan
Menuduh, menyalahkan, merendahkan Pernyataan “saya” Contoh : “Saya merasa marah karena kamu meninggalkan pakaian kotor di lantai.”
Memotong pembicaraan Mendengarkan
Melebih-lebihkan dan menghancurkan. Contoh : “kamu selalu….” dan “kamu tidak pernah….” Membuat pernyataan yang menimbang. Contoh : “Kadang-kadang kamu….” Dan “mungkin….”
Mengajar dan berkotbah Membuat pernyataan yang efektif dan langsung ke intinya
Bahasa kasar Menunjukkan penghargaan
Tidak kontak mata Membuat kontak mata
Membaca pikiran Menanyakan kembali dan memastikan
Memerintah dan atau mengancam Menyarankan alternative pemecahan
Mengungkit masa lalu Berpegang pada saat ini dan masa depan
Menguasai percakapan Berbicara bergantian
Tetap diam Berbicara, menyatakan perasaan sekalipun negatif
Berkata semua yang ada di pikiran Mengikuti aturan percakapan yang ada
Mencari kesalahan Berusaha mengerti sudut pandang orang yang berbicara, tidak harus selalu setuju.
Mengeluh sebagai respon keluhan dari pihak lain Membuat daftar keluhan yang muncul dalam percakapan.

Sumber:

Parental communication. Center for effective parenting

http://www.parenting-ed.org/handouts/parent%20to%20parent%20communication.pdf

Share artikel ini: