Hal yang sangat penting untuk diketahui oleh orang dewasa adalah sebagian besar anak usia 1-4 tahun memiliki tantrum. Semua batita ingin melakukan sendiri keperluannya. Mereka ingin memakai baju sendiri, makan sendiri, menuangkan jus mereka sendiri dan menjadi lebih mandiri. Mereka dapat sangat kecewa bila mengetahui mereka tidak bisa melakukannya atau orang tua atau pengasuh menghentikan mereka. Kekecewaan ini dapat menjadi tantrum.

Bagaimana saya menghadapi tantrum?

Teriakan dan jeritan anak anda dapat mengganggu. Anda dapat merasa marah dan malu di depan orang banyak. Hal yang perlu diingat adalah anak belajar untuk mengendalikan emosinya merupakan bagian normal dari tumbuh kembang.

Selama tantrum berlangsung

Jangan panik

Hal utama adalah tetap tenang dan jangan merawa kesal/kecewa. Ingatkan diri anda bahwa ini normal dan banyak orang tua berhadapan dengan ini begitu juga dengan anda.

Coba untuk mengalihkan perhatian mereka

Jika anda berada pada situasi yang anda tahu akan menyebabkan tantrum maka anda dapat mengalihkan perhatian anak anda, misalkan dengan menujuk kepada mobil merah di jalan raya, tertawa pada gambar yang lucu di toko atau memberikan mainan favorit anak untuk dimainkan.

Ingat akan apa yang sedang anda lakukan

Anda sedang mengajarkan anak anda bahwa peraturan itu penting dan anda akan tetap konsisten

Abaikan tantrum

Anda sebaiknya terus melanjutkan kegiatan anda, berbicara dengan orang lain, mengemasi barang belanjaan atau apapun itu. Selalu periksa dan pastikan anak anda aman. Mengabaikan anak anda akan sangat berat, tetapi jika anda menjawab mereka  maka anda memberikan perhatian yang mereka minta.

Berikan perhatian pada setiap perilaku yang baik

Secepatnya anda merasakan tanda-tanda tantrum mereda, misalnya anak berhenti menjerit, maka puji mereka. Berikan semua perhatian anda kembali kepada anak anda, bicara dengan mereka dengan kehangatan dan kekaguman. Jika anda memberikan penghargaan pada perilaku baru ini maka anak anda mungkin akan tetap tenang dan berkelakuan baik.

Saran untuk mencegah tantrum

Tantrum sering terjadi pada situasi yang dapat diduga. Anak merasa sulit untuk menunggu, maka buat lebih mudah untuk  mereka dengan :

  • Membawa buku dan mainan favorit ke ruang dokter
  • Simpan makanan favorit mereka di luar pandangan daripada di tempat yang dapat mereka lihat
  • Tetap konsisten dengan peraturan yang anda buat

Anak anda dapat menjadi sulit pada waktu-waktu tertentu sehari-hari, mungkin saat mereka lapar atau lelah. Pengaturan sederhana dapat membantu dengan :

  • Tidur siang
  • Mendapat cemilan pukul 15.30 dibadingkan harus menunggu waktu minum teh pukul 17.00

Sangat menolong bila anda berbicara dengan sesama orang tua atau teman mengenai hal ini. Jika tantrum membuat anda putus asa, anda dapat berbicara dengan tenaga kesehatan. Mereka dapat memberi saran atau merujuk ke ahlinya.

Sumber :

Dealing with tantrums. Factsheet for parents and teachers.

http://www.rcpsych.ac.uk/pdf/Sheet3.pdf

Share artikel ini: