Apa untungnya menggunakan obat antinyeri pasca operasi?

Penggunaan obat antinyeri pasca operasi dapat memberi keuntungan sebagai berikut:

– Lebih nyaman, lebih mudah beristirahat sehingga mempercepat penyembuhan. – Dapat bergerak lebih dini karena tidak merasa nyeri.

– Dapat mengurangi komplikasi pasca pembedahan seperti sumbatan bekuan darah.

Obat-obatan anti nyeri yang dipakai adalah golongan NSAID, Opioid, dan obat anestesi lokal. Kapan NSAID digunakan?

Setelah operasi ringan , golongan NSAID biasa digunakan. Golongan obat ini daapt mengurangi bengkak, peradangan, dan nyeri. Obat-obatan tersebut contohnya adalah aspirin, ibuprofen, diklofenak, ketoprofen, dan naproxen.

Apa keuntungan NSAIDs?

Golongan NSAID tidak menimbulkan kecanduan. Penggunaan NSAID dapat mengurangi kebutuhan terhadap obat-obatan golongan morfin.

Adakah efek samping penggunaan NSAID?

Golongan NSAID dapat menimbulkan mual, perdarahan lambung, atau gangguan fungsi ginjal. Sebagian besar golongan NSAID dapat menimbulkan gangguan pembekuan darah dan dapat meningkatkan tekanan darah. Jika nyeri yang anda rasakan terlalu berat, dokter akan menganjurkan pemakaian golongan opioid.

Kapan opioid digunakan?

Golongan opioid adalah golongan morfin dan turunannya termasuk kodein. Golongan ini digunakan untuk nyeri yang berat, akut dan segera setelah pembedahan.

Apa keuntungan penggunaan opioids?

Opioids sangat ampuh untuk nyeri yang hebat. Opioid tidak menyebabkan perdarahan lambung. Opioid yang digunakan sesuai dosis yang dibuat oleh dokter dan frekuensi yang dianjurkan pada umumnya tidak menimbulkan kecanduan.

Apakah efek samping penggunaan opioids?

Opioids dapat menimbulkan mengantuk, mual, konstipasi dan gatal-gatal. Opioid dapat mengganggu pernafasan dan menimbulkan gangguan berkemih.

Apakah anestesi lokal itu?

Anestesi lokal adalah obat anti nyeri yang diberikan hanya pada bagian tubuh tertentu, anestesi lokal disuntikan di bagian tubuh tertentu untuk melumpuhkan saraf nyeri ditempat itu.

Apakah keuntungan anestesi lokal?

Anestesi lokal akan menghilangkan nyeri pada bagian tertentu yang dituju, sehingga sangat rendah efek samping secara keseluruhan. Anestesi lokal juga mengurangi kebutuhan penggunaan opioid.

Adakah efek samping dari anestesi lokal?

Dalam dosis biasa pada umumnya tidak menimbulkan efek samping yagn berat, namun jika berlebihan dapat menyebabkan pusing dan kelemahan otot.

Bagaimana menggunakan obat anti nyeri?

Obat antinyeri dapat diminum, disuntikan, diberikan lewat dubur atau ditempel dikulit seperti koyo.

Apa untung ruginya konsumsi obat peroral (diminum)?

Obat yang diminum biasanya lebih murah dari pada yang harus disuntik. Obat yang diminum lebih mudah mengkonsumsinya dan dapat dibawa pulang (tidak perlu dirawat di rumah sakit). Kerugiannya adalah sulit mengkonsumsi apabila anda mual dan muntah-muntah. Penggunaan obat peroral juga membutuhkan waktu sampai muncul efek terapi karena obat membutuhkan waktu untuk diserap dalam saluran pencernaan sebelum diedarkan ke seluruh tubuh.

Apakah untung ruginya menggunakan obat suntik?

Suntikan dapat diberikan ke dalam otot maupun pembuluh darah. Waktu yang diperlukan sampai muncul efek terapi sangat cepat dibandingkan dengan obat peroral. Obat yang disuntik tetap dapat diberikan meskipun pasien mual muntah. Meskipun demikian tempat suntikan dapat menimbulkan luka, nyeri dan bengkak.

Written by familydoctor.org editorial staff

Share artikel ini: