Menghindari gigitan nyamuk bertujuan untuk menghindari penyakit yang disebabkan oleh kuman / virus yang ditularkan oleh gigitan nyamuk tersebut. Pemakaian lotion antinyamuk perlu diulang apabila anda berkeringat atau terkena air, apabila anda digigit nyamuk.

Pakaian
Apabila anda sedang berpergian ke tempat yang cukup banyak penyakit akibat gigitan nyamuk (demam berdarah, malaria) perhatikanlah kapan saat nyamuk tersebut berkeliaran, pakailah pakaian dengan lengan panjang dan celana panjang, kaus kaki bila perlu, dan pakaian anda perlu disemprot dengan semprot antinyamuk yang mengandung permetrin, jangan semprotkan permetrine langsung pada kulit.

Ingatlah jam-jam dimana nyamuk itu berkeliaran

Setiap jenis nyamuk punya waktu beristirahat dan waktu berkeliaran, kebanyakan nyamuk berkeliaran saat menjelang sore dan menjelang pagi, usahakan untuk melindungi diri lebih ekstra di saat-saat ini.

Lotion anti nyamuk.

Gunakanlah lotion anti nyamuk pada saat anda berada diluar ruangan yang banyak nyamuknya. Lotion antinyamuk dapat mengandung DEET (dietil toluamid), picaridin atau minyak eucalyptus (mengandung p-methane diol). Jangan lupa membaca batas keamanan produk apalagi jika akan digunakan pada anak-anak.

Bagaimana lotion anti nyamuk itu bekerja?

Nyamuk mengenali binatang dan manusia melalui baunya dan karbondioksida yang dikeluarkan saat bernafas, penggunaan antinyamuk menyamarkan bau ini. Lotion antinyamuk tidak membunuh nyamuk, tapi membuat nyamuk menjauh, meskipun masih berkeliaran di sekeliling anda.

Lotion antinyamuk yang direkomendasikan adalah yang mengandung DEET (dietil toluamid) atau picardipin. Minyak eucalyptus juga dapat mencegah gigitan nyamuk, diketahui mempunyai efek yang sama dengan DEET dosis rendah.

Lama proteksi tergantung dari konsentrasi DEET, juga dipengaruhi oleh keringat, suhu, dan  basah atau tidaknya kulit. DEET dengan konsentrasi 23.8% dapat bertahan selama 5 jam, sedangkan konsentrasi 20% bertahan 4 jam, 6,6% dapat bertahan selama 2 jam, produk dengan konsentrasi 4.75% dapat bertahan selama setengah sampai 1 jam.

Hal-hal berikut perlu diperhatikan dalam menggunakan lotion anti nyamuk:

–       Lotion anti nyamuk tidak boleh diberikan pada anak dibawah 3 tahun.

–       gunakan pada daerah yang tidak tertutup pakaian, pemakaian yang berlebihan tidak menambah efek proteksi.

–       Jangan gunakan pada kulit luka dan iritasi.

–       Setelah kembali ke dalam ruangan segera cuci dengan air.

–       Jangan gunakan lotion semprot pada wajah.

–       Apabila digunakan oleh anak-anak, jangan biarkan mereka memakai tanpa pengawasan orang tua, lebih baik orang tua yang mengoleskan lotion pada anaknya, jangan oleskan pada tangan karena anak sering memasukan tangan ke mulut, pencegahan terbaik dari gigitan nyamuk adalah menutup tubuh dengan pakaian.

–       Tidak ada perhatian khusus untuk ibu hamil dan menyusui namun lebih baik jika mencegah gigitan nyamuk dengan memakai pakaian yang tertutup.

Permethrin

Permethrin adalah produk yang digunakan untuk melapisi sepatu, kelambu, tenda, dan jenis kain lainnya, berfungsi sebagai insektisida (pembunuh serangga). Permethrin membunuh nyamuk juga serangga lainnya yang menempel pada kain yang mengandung premethrin.  Gunakan produk-produk yang mengandung permethrin dengan hati-hati sesuai dengan petunjuk.

Demikian cara-cara untuk menghindari  nyamuk saat berpergian, apabila di rumah alangkah baiknya untuk mengutamakan pemberantasan sarang nyamuk. (WK)

Sumber : http://www.cdc.gov/ncidod/dvbid/westnile/qa/insect_repellent.htm

Share artikel ini: