Kesehatan dan keselamatan anak Anda sangat penting bagi dokter, suster dan lainnya. Anda dapat membuat perbedaan dalam layanan kesehatan anak Anda dengan menanyakan pertanyaan yang tepat dan secara aktif ikut terlibat. Keterangan di bawah memberikan usulan dan jawaban terhadap pertanyaan untuk mencegah kesalahan dalam perawatan anak Anda.

Apa yang bisa anda lakukan untuk mempersiapkan anak menghadapi kunjungan ke dokter atau rumah sakit?

Sangat membantu untuk menulis informasi berikut :

  • Riwayat kesehatan anak Anda, termasuk riwayat vaksinasi, alergi, masalah kesehatan saat ini dan tanggal riwayat pembedahan atau kunjungan / perawatan di rumah sakit.
  • Daftar obat-obatan anak Anda, termasuk obat yang diresepkan atau yang dapat dibeli bebas, vitamin dan herbal. Catat juga jumlah yang anak Anda minum (dosis).
  • Pertanyaan-pertanyaan yang Anda miliki mengenai kesehatan anak Anda.

Informasikan data-data ini dengan dokter anak Anda dan tenaga kesehatan lain yang merawat anak Anda.

Apa yang sebaiknya anda tanyakan kepada dokter?

Tanyakan mengenai semua tatalaksana dan pemeriksaan mengenai cedera atau sakit anak Anda. Tanyakan bagaimana sebuah terapi akan membantu anak Anda. Pahami bahwa pemeriksaan atau tatalaksana yang lebih banyak tidak selalu lebih baik untuk anak Anda.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan jika Anda tidak mengerti apa yang diucapkan dokter Anda?

Beritahukan kepada dokter Anda bahwa Anda tidak mengerti. Tanyakan lagi pertanyaan-pertanyaan Anda. Dengan menanyakan pertanyaan maka Anda membantu dokter untuk mengerti apa yang Anda butuhkan. Katakan kepada dokter Anda jika Anda membutuhkan seseorang untuk berbicara dalam bahasa yang Anda mengerti.

Bagaimana Anda dapat mencegah anak Anda dari infeksi?

Informasikan tenaga kesehatan untuk mencuci atau membersihkan tangan mereka sebelum memegang anak Anda. Mencuci tangan membantu pencegahan infeksi. Informasikan tenaga kesehatan untuk menggunakan sarung tangan saat mereka melakukan tindakan mengambil darah, menyentuh luka atau memeriksa bagian pribadi anak Anda.

Menggunakan obat dengan aman

Apa yang bisa Anda lakukan untuk memastikan apakah aman untuk anak Anda menggunakan obat yang baru?

Informasikan kepada dokter atau suster mengenai berat badan anak Anda saat ini atau minta mereka untuk menimbang anak Anda (dalam kilogram). Dosis obat-obatan pada anak berdasarkan berat badan. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut :

  • Mengapa anak Anda membutuhkan obat ini? Bagaimana obat tersebut akan menolong anak?
  • Apa nama obat tersebut (bahan aktif)?
  • Apakah terdapat informasi tertulis mengenai obat tersebut?
  • Seperti apa bentuk obat tersebut? Apakah cair atau pil? Apa warna obat tersebut?
  • Apa petunjuk penggunaan obat tersebut? Ulangi kembali petunjuk yang telah diberikan kepada petugas.
  • Apa efek samping obat tersebut?

Informasikan kepada dokter mengenai alergi dan reaksi terhadap obat-obatan yang dialami anak Anda sebelumnya. Tanyakan kepada dokter atau petugas jika Anda tidak mengerti mengenai informasi mengenai obat-obatan tersebut. Saat Anda mendapat obat tersebut maka periksa kembali label obat untuk nama anak Anda dan nama obat yang benar dan dosisnya.

Dapatkah anda memotong atau menghancurkan pil atau menempatkan obat dalam makanan jika anak Anda mengalami kesulitan menelannya?

Tanyakan kepada dokter dan apoteker. Sebagai contoh, obat lepas lambat sebaiknya tidak dipotong atau dihancurkan. Tanyakan jika obat didapat dalam bentuk cair atau dapatkah diberikan dengan cara lain.

Apa yang sebaiknya Anda lakukan jika anak Anda tidak sengaja menelan terlalu banyak obat?

Segera hubungi dokter Anda atau rumah sakit terdekat.

Menjalani pemeriksaan medis atau laboratorium

Apa pemeriksaan tersebut?

Pemeriksaan medis meliputi rontgen, MRI (magnetic resonance imaging) dan CT scan (computed-photography). Tes laboratorium termasuk tes darah dan urin.

Apa yang sebaiknya Anda tanyakan mengenai tes medis dan laboratorium?

Tanyakan mengapa anak Anda membutuhkan tes tersebut. Cari tahu tes mana yang akan dilakukan dan apa yang harus dipersiapkan saat anak menjalani pemeriksaan. Tanyakan apakah Anda dapat bersama anak Anda selama pemeriksaan.

Apakah ada risiko dari pemeriksaan medis atau laboratorium tersebut?

Rontgen dan CT scan menggunakan radiasi. Beberapa pasien sudah menerima radiasi yang terlalu banyak. MRI menggunakan magnet yang kuat. Objek metal dapat tertarik keluar oleh mesin MRI. Tanyakan kepada petugas apa yang harus dilakukan agar anak aman selama pemeriksaan.

Apa yang harus dilakukan jika anak diambil darah untuk tes laboratorium?

Lihat label penampungan darah anak Anda, pastikan label tersebut terdapat nama anak Anda dan tanggal lahir atau informasi lainnya. Patikan tempat penampung tertutup rapi.

Apa yang sebaiknya dilakukan jika anak Anda menjalani rontgen, MRI atau CT scan?

Tanyakan apakah anak Anda akan diberikan zat kontras. Zat kontras adalah cairan yang membuat organ dan pembuluh darah mudah terlihat saat rontgen/pemeriksaan radiologi. Informasikan kepada petugas jika anak Anda memiliki riwayat masalah dengan zat kontras sebelumnya. Segera informasikan kepada petugas jika anak Anda mulai mengalami gatal atau kesulitan bernapas setelah mendapat zat kontras.

Pergi ke Rumah Sakit

Apa langkah pertama yang sebaiknya Anda lakukan untuk mencegah kesalahan di rumah sakit?

Periksa gelang indentitas anak Anda. Pastikan bahwa informasi di gelang identitas adalah benar. Pastikan petugas memeriksa gelang identitas dan menanyakan nama anak Anda sebelum memberikan obat-obatan, tes atau terapi. Petugas sebaiknya juga menanyakan tanggal lahir anak Anda atau informasi lainnya.

Dapatkah Anda tinggal bersama anak Anda di rumah sakit?

Konfirmasi dengan pihak rumah sakit. Sebagian besar rumah sakit akan mempersilahkan orang tua untuk menginap. Penting bagi Anda untuk hadir atau orang yang Anda percaya untuk bersama anak kapanpun di rumah sakit untuk mendampingi anak.

Anak Anda membutuhkan jalur melalui pembuluh darah (IV-intra vena). Apakah ini?

Jalur intra vena adalah jalur yang dipasang langsung ke pembuluh darah vena. Tanyakan seraca teratur kapan jalur intra vena dapat dilepas. Daerah tempat jalur intra vena dapat terinfeksi.

Beberapa saran untuk membantu Anda saat anak anda berada di rumah sakit :

  • Tuliskan informasi. Sebagai contoh tulis nama dan dosis obat-obatan.
  • Segera beritahukan petugas bila anak Anda mengalami kesakitan. Petugas sebaiknya memeriksa anak secara teratur.
  • Anak Anda dapat dipindahkan ke ruangan atau instalasi rawat lain, maka periksa apakah anak Anda mendapat terapi dan obat yang sesuai setelah di tempat perawatan yang baru. Diskusikan dengan petugas jika terdapat ketidakjelasan.
  • Tanyak kepada para tamu apakah ada yang sakit, untuk kembali bila berkunjung bila sudah sehat. Anak Anda dapat dengan mudah tertular.
  • Semua petugas sebaiknya menggunakan kartu identitas. Tanyakn kartu identitas tersebut jika Anda tidak melihatnya.

Menjalani operasi dengan aman

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda tetap aman sebelum pergi ke rumah sakit?

Tanyakan apakah ada obat tidur (sedatif) diberikan saat di rumah sakit dan tidak di rumah. Bicarakan dengan dokter bedah dan dokter lain yang akan mengoperasi anak Anda. Tanyakan berapa banyak pengalaman mereka menjalani operasi ini. Penting sekali bagi Anda untuk percaya dengan kemampuan orang yang akan mengoperasi anak Anda.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak Anda tetap aman sebelum operasi?

Bicarakan dengan dokter bedah mengenai bagian tubuh anak yang akan dioperasi. Tanyakan kepada dokter bedah untuk menandai bagian yang akan dioperasi. Hal ini akan memastikan bagian yang tepat saat operasi. Pastikan dokter bedah hanya menandai bagian yang akan dioperasi dan tidak pada bagian lainnya. Tanyakan jika anda dapat bersama anak Anda sampai obat tidur bekerja dan anak Anda tertidur.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk menjaga anak Anda tetap aman setelah operasi?

Tanyakan jika dokter anak akan merawat anak Anda di ruang pemulihan.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan anak Anda aman setelah meninggalkan rumah sakit?

Tanyakan mengenai cara perawatan di rumah. Minta instruksi tertulis. Minta nama dan nomor telepon yang dapat dihubungi jika Anda memiliki pertanyaan atau bila keadaan darurat.

Gejala yang berarti Anda perlu membawa anak Anda ke dokter atau rumah sakit segera :

  • Kaku leher
  • Demam dengan ruam kulit
  • Demam >38oC pada anak <3 bulan
  • Luka bakar yang lebih besar dari luas telapak tangan anak, atau luka bakar dalam, berubah warna, atau disebabkan bahan kimia
  • Cedera kepala yang menyebabkan anak Anda pingsan, muntah atau mengalami nyeri kepala atau kebingungan. Muntah, sakit kepala atau kebingungan dapat muncul belakangan.
  • Nyeri perut hebat atau nyeri perut yang membengkak atau sakit saat ditekan.
  • Darah di tinja. Dapat berwarna merah atau hitam.
  • Saat Anda merasa sesuatu yang tidak beres dengan keadaan anak Anda

(YSK)

Sumber :

Prevet Errors in Your Child’s Care

The joint commission. SPEAK UP

http://www.jointcommission.org/PatientSafety/SpeakUp/

Share artikel ini: