Paparan sinar matahari yang serius dapat meningkatkan risiko kanker kulit di kemudian hari. Terpapar sinar matahari tidak hanya saat di kolam renang, pantai, atau sedang pergi berlibur, tetapi banyak kegiatan di luar ruangan lainnya yang perlu perlindungan dari matahari.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melindungi anak dari matahari:

  • Carilah tempat yang teduh. Pada saat tengah hari, sinar matahari bersinar paling kuat, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah bermain dalam ruangan. Jika tidak mungkin dilakukan, bermainlah di bwah pohon, tenda, atau gunakan payung.
  • Tutupi kulit. Pakaian dapat melindungi kulit anak dari paparan sinar matahari. Gunakan lengan panjang dan celana panjang.
  • Topi. Gunakan topi yang dapat  melindungi kulit wajah, kulit kepala, telinga dan leher. Anak memang lebih suka memakai topi baseball namun tidak dapat melindungi telinga. Oleskan sunscreen  pada kuit yang tidak terlindungi.
  • Kaca mata hitam (Sunglasses) akan melindungi mata anak anda dari paparan sinar matahari. Pilihlah kacamata yang benar-benar protektif.
  • Oleskan sunscreen (tabir surya). Gunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 15,  UVA dan UVB. Untuk mendapatkan perlindungan maksimal gunakan 30 menit sebelum aktivitas di luar ruangan. Jangan terlewatkan bagian telinga, higung, dan punggung kaki.

Bawalah tabir surya saat berpergian sehingga bisa dioleskan kembali setelah berenang atau beraktivitas. Hati-hati penggunaan prosuk-produk kulit pada bayi, perlindungan yang paling baik untuk bayi adalah menghindari paparan sinar matahari dan beraktivitas di tempat yang teduh.

Ingatlah : tabir surya tidak membuat anak-anak dapat bermain lebih lama dari biasanya. Pikirkan cara lain untuk mencegah kerusakan kulit akibat ultraviolet.

Sinar matahari yang berlebihan menyakitkan…

Meskipun hanya sedikit bagian tubuh yang terpapar sinar matahari namun jika cukup kuat tetap berisiko terkena kanker kulit.

Kulit kemerahan? Kulit yang tidak terlindungi dapat dirusak oleh matahari dalam waktu 15 menit, memerlukan waktu sekitar 12 jam sampai efeknya nampak. Apabila saat ini kulit nampak kemerahan hari ini, besok baru terlihat terbakar.

Kecoklatan? Kulit kecoklatan karena matahari adalah tanda kerusakan kulit akibat pembakaran oleh sinar ultraviolet dari matahari.

Sejuk dan berawan? Ultra violet tidak terpengaruh oleh suhu, adanya paparan sinar matahari meski ditempat yang sejuk tetap berisiko kerusakan kulit karena ultra violet. Awan tidak mampu menghalangi ultra violet dan kadang-kadang kita tidak menyadarinya.

Anak-anak dalam aktivitasnya sering sekali terpapar dengan matahari, sediakan tabir surya pada tas anda sebelum bertamasya atau berpergian. (WK)

Sumber : http://www.cdc.gov/cancer/skin/basic_info/children.htm

Share artikel ini: