Nutrisi yang tepat selama masa bayi dan anak sangat penting untuk pertumbuhan anak. Masa kritis adalah saat lahir sampai dengan 2 tahun. Periode makanan pendamping ASI pada saat usia 6 bulan sampai 1 tahun akan memberikan pengaruh besar karena pada saat ini seorang bayi belajar untuk makan dari konsistensi cair ke konsistensi padat seperti makanan keluarga.

Makanan pendamping ASI diartikan sebagai saat nutrisi dari ASI tidak lagi cukup memenuhi kebutuhan nutrisi bayi sehingga diperlukan tambahan makanan dan cairan lain bersama dengan ASI. Target usia pemberian MPASI secara umum antara usia 6 sampai dengan 24 bulan.

Panduan MPASI meliputi

1. Usia saat pemberian MPASI

ASI diberikan secara eksklusif sampai usia 6 bulan, dan pemberian MPASI diberikan saat usia 6 bulan (180 hari) bersama dengan ASI.

Hal ini didasarkan atas manfaat dari proteksi ASI terhadap infeksi saluran cerna dan peningkatan kemampuan motor bagi bayi. Manfaat bagi ibu berupa masa tidak mendapat haid (amenorrhea) dan penurunan berat badan.

2. Pemberian makan secara aktif (responsive feeding)

a) Beri makan bayi secara langsung dan dengan bantuan pada anak yang lebih besar. Peka terhadap sinyal lapar dan kenyang.

b) Beri makan dengan perlahan dan sabar, dorong anak untuk makan tetapi tidak dipaksakan.

c) Jika anak menolak banyak jenis makanan maka coba dengan berbagai kombinasi makanan, rasa, tekstur dan metode pemberian.

d) Minimalkan pengalih perhatian saat makan.

e) Makan adalah saat belajar dengan kasih sayang dan berbicara dengan anak melalui kontak mata.

Pemberian MPASI tidak hanya APA yang dimakan, tetapi juga BAGAIMANA, KAPAN, DIMANA dan OLEH SIAPA anak diberi makan.

3. Jumlah, frekuensi dan konsistensi MPASI

Pemberian MPASI dengan jumlah yang awalnya sedikit kemudian meningkat secara bertahap dengan mempertahankan proses dan waktu menyusui. Pemberian ASI rerata pada usia 6-8 bulan adalah 413 kcal/ hari (600 ml/hari), usia 9-11 bulan sebanyak 379 kcal/hari (565 ml/hari) dan 346 kcal/hari pada usia 12-23 bulan (516 ml/hari). Pemberian MPASI adalah 200 kcal/hari pada usia 6-8 bulan, 300 kcal/hari pada 9-11 bulan dan 550 kcal ada usia 12-23 bulan.

Hal ini akan didapat dengan memberikan 2-3x/hari pada usia 6-8 bulan dan 3-4x/hari pada usia 9-11 bulan dan 12-24 bulan dengan pemberian cemilan yang bergizi sebanyak 1-2x/hari. Jumlah makanan adalah sesuai dengan kapasitas lambung 30 gram/kg BB/hari atau dapat diberikan dalam panduan tabel 1.

4. Nutrisi dari MPASI

Berikan makanan dari berbagai jenis makanan. Daging, ayam, ikan dapat diberikan setiap hari dan sesering mungkin. Sayur dan buah kaya vitamin A diberikan setiap hari. Berikan juga makanan yang kayak akan lemak. Hindari pemberian minum yang rendah kalori seperti teh, kopi, atau soda. Pemberian jus disarakan tidak lebih dari 240 ml/hari karena dapat mengurangi pemberian makan.
Disarikan dari :

Guiding principles for complementary feeding of the breastfed child. PAHO – WHO. 2001.

Facilitator guide The Community Infant and Young Child Feeding Counselling package. Federal Ministry of Health Nigeria-UNICEF. 2012

Panduan Menu Makanan Pendamping ASI dapat diunduh disini :

http://milissehatyop.org/?page_id=8

Share artikel ini: