Kunci untuk Meningkatkan Suplai ASI Anda adalah dengan Mengosongkan Payudara Lebih Sering. Jika bayi anda tidak menyusui sama sekali, maka anda harus memerah ASI anda siang dan malam.  Cobalah memerah paling tidak 8-10 kali/24 jam. Anda bisa menyewa pompa elektrik. ASI yang diperoleh akan lebih banyak jika anda memijat payudara anda beberapa menit sebelum memompa. Setelah memompa dilanjutkan dengan memerah dengan tangan akan menghasilkan ASI lebih banyak lagi.

Jika bayi anda menyusui, pompalah setelahnya. Tujuannya adalah untuk mengosongkan payudara sekosong-kosongnya. Sejalan dengan bertambahnya suplai ASI, anda bisa memompa lebih jarang.

Langkah Pertama

Pertama-tama, jika waktu menyusui tiba, maka susuilah bayi anda sampai ia puas atau sampai produksi ASI dari salah satu payudara berkurang. Pastikan untuk mengosongkan kedua payudara.

Langkah Kedua

Lalu, sebelum waktu menyusui berikutnya, perahlah ASI baik menggunakan tangan, atau pompa ASI manual atau elektrik.  Jika menggunakan tangan pastikanlah menggunakan mangkok steril dan handuk tangan yang bersih.

Langkah Ketiga

Ulangilah langkah pertama dan kedua seterusnya. Hal ini cukup untuk merangsang kelenjar di payudara untuk memproduksi ASI lebih banyak lagi. (yoga)

Referensi: pregnancy-info.net

Share artikel ini: