Kuman adalah makhluk yang sangat kecil, di sekolah kita mengenal kuman dengan sebutan mikroba (mikroorganisme). Kenapa mikroba? Mikro itu artinya kecil, begitu kecilnya sehingga kamu tidak bisa melihat kuman tanpa bantuan alat. Para ilmuwan dapat melihat mikroba dengan bantuan mikroskop (alat untuk melihat benda yang sangat kecil). Pernah membandingkan seekor semut dengan pesawat terbang? Sangat kecil bukan?

Ada dua macam mikroba yang sangat terkenal yaitu virus dan bakteri. Siapakah bakteri itu? Bakteri adalah makhluk hidup yang sangat kecil, ia dapat tinggal dimana-mana, di tempat sampah, di udara, tanah dan air, juga didalam tubuh kita..

Hahh tubuh kita? Benar sekali, kita sangat bersahabat dengan bakteri, bakteri terutama tinggal di dalam usus (perut kita) untuk membusukan sisa makanan menjadi tinja , bakteri menghasilkan vitamin K untuk kita, bakteri itu juga menjaga kesehatan pencernaan supaya tidak diserang oleh bakteri yang jahat.

Pernahkah terbayang kalau bakteri-bakteri baik dalam perut kita mati? Kamu akan susah  pup, karena sisa-sisa makanan tidak terbentuk menjadi tinja yang lunak, dan jika ada bakteri jahat menyerang saluran cerna, maka kamu bisa sakit perut, diare dan muntah.

Bakteri jahat? Siapakah mereka?

Bakteri jahat tidak seperti bakteri baik, yang tinggal didalam tubuh kita dan membantu kita. Bakteri yang jahat jika masuk ke dalam tubuh manusia akan menyebabkan penyakit , misalnya bakteri jahat menyebabkan penyakit paru-paru, diare berdarah, bahkan kematian. Tapi jangan panik dulu, para ilmuwan sebelumnya telah menciptakan senjata ampuh untuk membunuh bakteri jahat yang disebut antibiotik.

Lalu mikroba terbeken kedua siapa?

Virus! Virus juga berukuran sangat kecil, lebih kecil dari pada bakteri. Virus sebenarnya bukan makhluk hidup. Virus menumpang pada makhluk hidup supaya mereka bisa memperbanyak diri. Lalu bagaimana kita bisa membunuh virus? sel yang telah diserang virus akan mati, sedangkan sel hidup dalam tubuh kita akan membentengi diri sehingga tidak bisa diserang virus, jika virus tidak dapat menyerang sel hidup maka virus tidak dapat memperbanyak diri.

Bakteri dan virus sangat berbeda, antibiotik dapat membunuh bakteri, tetapi tidak dapat membunuh virus. (win)

Share artikel ini: