Mammografi

T : Apa metode terbaik untuk mendeteksi kanker payudara?

A : Mammogram atau foto rontgen payudara, berbarengan dengan pemeriksaan payudara (pemeriksaan yang dilakukan dokter) merupakan cara yang paling efektif untuk mendeteksi dini kanker payudara. Mammogram mempunyai kekurangan dan kelebihan. Misalnya, beberapa kanker tidak dapat dideteksi dengan mammogran, namun terdeteksi dengan pemeriksaan payudara. Memeriksa payudara sendiri untuk mencari adanya benjolan atau perubahan lain disebut periksa payudara sendiri (SADARI). Penelitian sejauh ini telah menunjukkan bahwa SADARI saja mengurangi jumlah kematian akibat kanker payudara. Namun SADARI bukan menggantikan pemeriksaan dokter dan mammogram.

T : Apakah mammogram itu?

A : Mammogram merupakan suatu tes yang aman untuk melihat adanya masalah pada payudara perempuan. Tes ini menggunakan mesin khusus dengan sinar X dosis rendah untuk mengambil gambar kedua payudara. Hasilnya direkam dalam suatu film sinar X atau langsung menuju komputer untuk dilihat oleh seorang ahli radiologi. Mammogram memungkinkan dokter untuk melihat dengan lebih jelas benjolan pada payudara dan perubahan di jaringan payudara. Mammogram dapat menunjukkan benjolan kecil atau pertumbuhan yang tak teraba baik oleh dokter atau perempuan itu sendiri ketika melakukan pemeriksaan payudara. Mammografi adalah alat skrining terbaik yang dimiliki dokter untuk menemukan kanker payudara. Jika suatu benjolan ditemukan, maka dokter Anda akan melakukan tes-tes lainnya seperti USG atau biopsi, yaitu suatu tes untuk mengambil sejumlah kecil jaringan dari benjolan dan daerah sekitar benjolan. Jaringan tersebut dikirim ke laboratorium untuk dicari adanya kanker atau perubahan-perubahan yang dapat menunjukkan bahwa terdapat adanya kanker. Benjolan atau pertumbuhan di payudara dapat bersifat jinak (bukan kanker) atau ganas (kanker). Jika kanker payudara ditemukan secara dini berarti perempuan tersebut memiliki kemungkinan bertahan (survival) dari penyakit ini lebih baik. Selain itu lebih banyak pilihan terapi yang tersedia bila kanker payudara ditemukan dini.

T : Apakah terdapat jenis mammogram yang berbeda-beda?

A : Skrining mammografi dilakukan untuk perempuan yang tidak mempunyai gejala-gejala kanker payudara. Ketika usia Anda mencapai 40, Anda sebaiknya menjalani mammografi setiap satu atau dua tahun.

  • Mammogram diagnostik dilakukan ketika seorang perempuan memiliki gejala-gejala kanker payudara atau terdapat benjolan di payudara. Mammogram ini memakan waktu lebih lama karena gambar payudara yang diambil lebih banyak.
  • Mammogram digital mengambil gambaran elektronik payudara dan menyimpannya langsung di komputer. Penelitian terbaru tidak menunjukkan bahwa gambaran digital lebih baik dalam menemukan kanker daripada film sinar X.

T : Bagaimana mammografi dilakukan?

A : Anda berdiri di depan mesin sinar X khusus. Orang yang mengambil foto rontgen, disebut teknisi radiologi, meletakkan payudara Anda (satu per satu) di antara dua bidang plastik. Bidang ini kemudian menekan payudara untuk meratakannya. Anda akan merasakan tekanan pada payudara selama beberapa detik. Ini akan membuat  merasa tidak nyaman. Anda mungkin merasa diperas atau dijepit. Tetapi, semakin rata payudara Anda, makin baik gambarnya. Paling sering dua gambar diambil dari masing-masing payudara, satu dari samping dan satu dari atas. Mammogram skrining memakan waktu sekitar 15 menit dari awal sampai akhir.

T : Bagaimana saya mempunyai implan payudara?

A : Jika Anda mempunyai implan, pastikan Anda memberitahu tempat Anda akan melakukan mammografi bahwa Anda mempunyai implan ketika Anda membuat perjanjian. Anda akan membutuhkan seorang teknisi radiologi yang dilatih untuk mengambil foto rontgen pasien dengan implan. Hal ini penting mengingat implan payudara dapat menyembunyikan sebagian jaringan payudara yang akan menyulitkan ahli radiologi untuk melihat adanya kanker payudara pada mammogram Anda.

T : Seberapa seringkah saya sebaiknya menjalani mammografi?

A :

  • Perempuan usia 40 tahun ke atas sebaiknya menjalani mammografi setiap 1-2 tahun.
  • Perempuan yang mempunyai riwayat kanker payudara atau masalah payudara lainnya atau riwayat keluarga dengan kanker payudara sebaiknya mulai menjalani mammografi sebelum usia 40 atau lebih sering. Tanyakan pada dokter Anda kapan sebaiknya Anda mulai menjalani mammografi atau seberapa sering Anda sebaiknya menjalaninya pemeriksaan tersebut.

T : Bagaimana persiapan untuk mammografi?

A : Pertama, cek apakah ada instruksi yang harus Anda ikuti sebelum menjalani pemeriksaan. Di bawah ini beberapa panduan umum:

– buat perjanjian pemeriksaan mammografi satu minggu setelah haid. Payudara Anda tidak terlalu sakit setelah haid.

– Jika Anda memiliki implan payudaya, beritahu tempat Anda akan menjalani mammografi

– Pakai baju atasan dan bawahan. Dengan demikian Anda hanya perlu membuka atasan tanpa perlu menanggalkan seluruh pakaian.

– Jangan gunakan deodoran, parfum, lotion, atau bedak di bawah lengan/ketiak atau pada payudara pada hari pemeriksaan mammografi. Hal-hal tersebut dapat membuat bayangan yang tampak pada mammogram Anda.

T : Masalah apa yang bisa terjadi dengan mammogram?

A : Seperti halnya tes medis lainnya, mammogram memiliki keterbatasan, meliputi:

  • Mammografi merupakan bagian dari pemeriksaan payudara lengkap. Dokter Anda harus melakukan pemeriksaan payudara. Jika mammogram menunjukkan sesuatu yang abnormal, dokter Anda akan melakukan pemeriksaan lainnya.
  • “Negatif palsu” dapat terjadi. Artinya, semuanya terlihat normal tetapi sebenarnya terdapat kanker. Negatif palsu jarang terjadi. Perempuan yang lebih muda lebih cenderung mendapatkan hasil mammogram negatif palsu daripada perempuan yang lebih tua. Hal ini disebabkan jaringan payudara lebih padat sehingga kanker lebih sulit terlihat.
  • “Positif palsu” dapat terjadi. Hal ini terjadi ketika hasil mammogram menunjukkan adanya kanker, walaupun sebenarnya tidak ada. Positif palsu lebih sering terjadi pada perempuan yang lebih muda daripada perempuan yang lebih tua.

(VC)

sumber

http://www.womenshealth.gov/faq/mammograms.pdf

Share artikel ini: