Apa itu oral thrush?

Oral thrush (juga disebut candidiasis mulut / infeksi jamur mulut) adalah infeksi jamur yang sering terjadi pada bayi. Oral thrush dapat menyebabkan iritas di dalam dan sekitar mulut bayi.

Apa saja tanda dan gejala oral thrush?

Oral thrush dapat menyerang siapa saja, tapi paling sering terjadi pada bayi usia di bawah 6 bulan dan juga pada orang dewasa yang sudah tua.

Bayi dengan oral thrush bisa mengalami kulit yang mengering di sudut mulut atau  bercak putih pada bibir, lidah atau bagian dalam pipi yang tampak seperti keju lembut, tapi tidak dapat dibersihkan dengan usapan.

Beberapa bayi bisa mengalami kesulitan makan atau tidak nyaman saat menyusu karena mulutnya terasa sakit, tapi banyak bayi tidak merasakan sakit ataupun tidak nyaman.

Apa penyebab oral thrush?

Oral thrush disebabkan oleh yeast (sejenis jamur) yang berkembangbiak sangat banyak , jamur ini disebut Candida albicans.

Pada umumnya orang (termasuk bayi) secara alami memiliki Candida dalam mulut dan saluran pencernaan, yang tumbuh secara normal. Biasanya, sistim pertahanan tubuh (imunitas) yang sehat dan beberapa bakteri baik akan mengendalikan jumlah jamur ini di dalam tubuh.

Tetapi jika sistim imunitas melemah (disebabkan sakit atau obat seperti kemoterapi) atau tidak berkembang sempurna (seperti kondisi bayi), Candida dalam saluran pencernaan dapat tumbuh banyak dan menyebabkan infeksi. Meledaknya jumlah Candida juga dapat menyebabkan ruam popok dan infeksi jamur pada vagina. Bayi dapat mengalami oral thrush dan ruam popok pada saat yang sama.

Pertumbuhan Candida yang berlebihan juga dapat terjadi setelah seorang bayi memperoleh antibiotik untuk mengobati infeksi bakteri, karena antibiotik dapat membunuh bakteri baik yang mencegah pertumbuhan Candida. Oral thrush juga dapat terjadi setelah penggunaan obat steroid.

Bagaimana oral thrush diobati?

Temui dokter bila bayi  mengalami oral thrush. Beberapa kasus dapat sembuh tanpa pengobatan medis dalam satu atau dua minggu, tapi ada kemungkinan dokter akan meresepkan larutan antifungal (anti jamur) untuk mulut sang bayi. Obat ini biasanya dipakai beberapa kali dalam sehari dengan mengoles bagian dalam mulut dan lidah dengan sebuah aplikator spons.

Tergantung dari umur bayi, dokter bisa saja menyarankan untuk menambahkan yogurt yang mengandung lactobacilli pada makanan bayi Anda. Latobacilli adalah bakteri baik yang dapat membantu menyingkirkan yeast dari dalam mulut bayi.

Jika bayi terus terkena oral thursh, terutama saat usianya lebih dari 9 bulan, diskusikan dengan dokter karena ini bisa jadi merupakan tanda kasus kesehatan yang lain.

Dapatkah oral thrush dicegah?

Oral thrush adalah infeksi yang umum terjadi pada bayi, tapi bisa dicegah:

  • Kalau bayi Anda minum ASIP, cuci bersih seluruh peralatan minumnya dengan air panas sebelum digunakan. Dengan demikian, bila ada jamur pada peralatan minum itu, bayi tidak akan terinfeksi.
  • Kalau bayi menyusu langsung dan puting ibu bayi sakit dan merah, kemungkinan ada infeksi jamur pada puting ibunya yang dapat menyebabkan ibu dan bayi saling menginfeksi. Sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter mungkin akan merekomendasikan pemakaian salep anti jamur untuk puting ibu , sedangkan bayinya akan diberi larutan anti jamur. (Sylvi)

Sumber: http://kidshealth.org/en/parents/thrush.html#

Share artikel ini: