Apakah vaksin untuk orang dewasa tersedia?

Ya, ada beberapa jenis vaksin untuk dewasa yaitu : vaksin influenza, penumokokus, herpes zoster, Human papiloma virus (HPV), pertusis, hepatitis A, hepatitis B, MMR, tetanus, diphtheria, varicella. Tidak semua orang tua memerlukan vaksin ini sesuai dengan risikonya.

Mengapa imunisasi?

Beberapa dari penyakit tersebut menyebabkan masalah yang serius bahkan kematian. Dengan imunisasi orang-orang dewasa yang berisiko tinggi terlindungi dari penyakit-penyakit tersebut.

Vaksin mana yang dibutuhkan?

Untuk mendapatkan kekebalan seumur hidup, di Amerika dianjurkan pemberian  imunisasi tetanus-diphteria (Td) setiap 10 tahun.

Orang tua yang lahir setelah 1956 dan belum mendapat imunisasi MMR perlu diberikan imunisasi MMR.

Wanita berusia 26 tahun atau lebih muda perlu diberikan vaksin HPV.

Orang tua berusia 65 ke atas atau dewasa dengan diabetes, penyakit jantung kronik, kelainan ginjal, perlu diberikan imunisasi pneumokokus, konsultasikan dengan dokter yang merawat.

Di Negara 4 musim, vaksin influenza musiman perlu diberikan kepada :

–       Wanita hamil

–       Dewasa diatas usia 50 tahun

–       Perawat bayi dibawah 6 bulan

–       Orang-orang yang memiliki penyakit kronis tertentu.

–       Orang yang merawat pasien yang memiliki risiko tinggi terkena influenza.

Hepatitis B diperlukan untuk orang-orang yang berisiko tinggi seperti petugas kesehatan (dokter, perawat, petugas laboratorium), pasangan sexual dari penderita hepatitis B, homosexual, penderita infeksi menular sexual, pengguna narkoba suntik, orang yang ingin berpergian ke daerah endemis Hepatitis B, penderita gangguan ginjal stadium terminal, hepatitis kronik, pasien dengan hepatitis C, pasien HIV, pasien dengan hemodialisa rutin (cuci darah), dan pasien-pasien dengan keterbatasan fisik atau siapa saja yang ingin mendapat kekebalan terhadap hepatitis B.

Vaksin Hepatitis A diperlukan pada orang-orang yang ingin berpergian ke daerah endemis hepatitis A, pada penderita penyakit hati kronik, pada gangguan koagulasi darah seperti hemophilia, pengguna narkoba suntik, homosexual, atau siapa saja yang ingin mendapat kekebalan terhadap virus ini.

Vaksin varicela diberikan kepada orang dewasa yang belum pernah menderita sakit cacar air dan belum pernah di imunisasi cacar air.

Vaksin meningokokus diberikan kepada dewasa dalam bekerja di militer, pekerja laboratorium, atau yang akan berpergian ke daerah yang endemis meningokokus, atau penderita asplenia (setelah pengangkatan limpa),  dianjurkan untuk usia 11-18 tahun.

Vaksin herpes zoster dianjurkan untuk dewasa berusia 60 tahun ke atas baik belum maupun sudah terinfeksi dengan herpes zoster.

Penting :  milikilah catatan vaksinasi anda dan bawalah setiap anda berkunjung ke dokter. (WK)

Sumber : National Foundation for Infectious Disease, Bethesda.

Share artikel ini: