Memberikan Perawatan

Seseorang dengan penyakit AIDS, harus bisa merawat diri mereka sendiri, selama mereka mampu. Mereka harus merasa bebas dan diperlakukan secara mandiri. Mereka perlu untuk menyusun jadwal mereka sendiri, membuat keputusan menyangkut kehidupan mereka, dan melakukan apa yang mereka inginkan sesuai kemampuan dan kebutuhan mereka. Mereka harus membuat sendiri program olah raga dan makan untuk dirinya. Selain melakukan kunjungan ke dokter yang merawat, penderita AIDS berusaha untuk sehat dengan makan makanan yang bergizi, tidur secara teratur, melakukan aktivitas fisik dengan teratur, malakukan kegiatan keagamaan atau meditasi, atau aktivitas rutin lainnya. Jika penderita AIDS menemukan suatu hal  yang membantu mereka, maka anda harus membantu untuk mempertahankan hal tersebut. Program olahraga dapat membantu menjaga keseimbangan antara berat badan dan otot-otot badan, dimana hal tersebut akan membuat penderita menjadi lebih baik jika sesuai dengan kegiatan sehari-hari. Makanan yang seimbang dan sehat membuat orang akan merasa baik, memberikan energi dan membantu tubuh mereka untuk melawan penyakit. Orang dengan infeksi HIV akan lebih baik jika tidak minum alcohol, merokok atau menggunakan obat psikotropika (narkoba). Pengetahuan akan pengobatan yang terbaru dan mengetahui apa yang diharapkan dari pengobatan merupakan hal yang penting.

Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar penderita AIDS menjadi nyaman berada dalam rumah.

  • Hormati kebebasan dan privasi mereka
  • Berikan mereka kewenangan/hak sebanyak mungkin. Mintalah ijin sebelum masuk kamar mereka, untuk duduk dekat dengan mereka. Contohnya: “Bolehkah aku membantu kamu melakukan ini/itu?” Tetap berikan kontrol kepada meraka.
  • Tanyakan kepada mereka, apa yang bisa anda lakukan untuk membuat mereka merasa nyaman. Banyak orang merasa malu untuk menanyakan bantuan, khususnya membantu ketika harus menggunakan toilet, mandi, bercukur, makan dan berpakaian.
  • Pertahankan agar rumah tetap dalam kondisi yang bersih dan kelihatan bercahaya dan nyaman.
  • Biarkan penderita AIDS menempati kamar yang dekat dengan kamar mandi.
  • Tempatkan tisu, handuk, keranjang sampah, selimut, dan barang yang akan sering digunakan diletakan dekat dengan penderita supaya bisa dijangkau dari tempat tidur atau tempat duduk.

Jika orang yang anda rawat harus menghabiskan waktu banyak di tempat tidur, bantu mereka untuk lebih sering untuk merubah posisi tubuh. Jika dimungkinkan, pasien dengan AIDS harus bangun dari tempat tidur, sesering mungkin. Perawat dapat membantu menunjukkan kepada anda bagaimana membantu pasien bangun dari tempat tidur menuju ke tempat duduk tanpa menyakiti diri anda atau orang lain. Hal ini akan mencegah kaku pada persendian, luka pada tubuh yang timbul akibat posisi berbaring yang lama (bedsores), dan beberapa jenis penyakit radang paru-paru. Mereka juga butuh bantuan anda untuk melakukan hal-hal kecil seperti memperbaiki posisi selimut atau bantal. Jika mereka cukup kuat penggunaan alat bantu medis, dapat membantu mereka mengatur posisi mereka sendiri. Jika mereka terlalu lemah untuk melakukan gerakan memutar, mintalah bantuan dari perawat untuk membantu memperagakan kepada anda bagaimana memindahkan badan pasien dari satu sisi ke sisi yang lain dengan menggunakan kain. Dalam keadaan normal,ketika berada di atas tempat tidur, seseorang harus melakukan perubahan posisi setiap empat jam.

Luka akibat posisi di tepat tidur (Bedsores)

Bedsores, atau luka kulit lainnya dapat menjadi masalah yang serius untuk orang dengan penyakit AIDS. Jaga kulit tetap sehat dengan lebih sering melakukan perubahan posisi di atas tempat tidur dan, letakkan bahan yang lembut langsung di bawah orang sakit tersebut. berada dalam keadaan kering, bebas dari lipatan, dan lakukan pijatan pada punggung dan bagian lain dari tubuh (panggul, sikut, tumit) yang langsung menekan tempat tidur. Laporkan jika terlihat ada tanda kemerahan atau bagian yang patah kepada dokter atau perawat sesegera mungkin.

Olah raga

Walaupun berada di tempat tidur, pasien dapat melakukan olahraga sederhana dengan menggunakan lengan, kaki, tungkai; ini dikenal dengan nama latihan “range of motion”. Latihan ini mencegah kaku, luka, pada kulit dan menyebabkan lancarnya aliran dalam pembuluh darah. Mintalah bantuan dari dokter, perawat, atau petugas fisioterapi untuk menunjukkan bagaimana cara melakukannya.

Bernapas

Jika penderita mengalami masalah dalam bernapas, duduk dalam posisi tegak dapat membantu masalah tersebut. Angkat sisi atas dari tempat tidur, atau gunakan bantal dalam jumlah yang lebih sehingga posisi akan lebih tegak. Jika masalah bernapas menjadi semakin berat, maka mereka perlu ke dokter.

Kenyamanan

Pijatan pada bagian punggung, dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah. Perawat, petugas fisioterapi atau buku mengenai pijat, dapat memberikan beberapa tips bagaimana melakukan pijatan punggung yang baik. Letakan buku, remote control, tissue, dan bel sebagai alat untuk memanggil bantuan, di tempat yang mudah dijangkau. Jika orang tersebut sulit bangun dari tempat tidur, letakan pispot di tempat yang mudah dijangkau.

(YS)

Sumber :

http://www.cdc.gov/hiv/resources/brochures/careathome/care4.htm

Share artikel ini: