Hepatitis A adalah penyakit radang hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis type A. Penularan hepatitis A adalah melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh virus Hepatitis A. Pada umumnya diderita anak yang berusia kurang dari 15 tahun, meskipun pada orang dewasa juga bisa ditemukan.

Virus Hepatitis A dapat tinggal dalam tubuh beberapa minggu tanpa menimbulkan gejala. Berikut adalah gejala hepatitis A :

–        Mual

–        Muntah

–        Lemas

–        Nyeri perut terutama di sebelah kanan atas.

–        Demam

–        Tidak napsu makan

–        Urin berwarna gelap

–        Nyeri otot

–        Tampak kuning

Gejala hepatitis A dapat muncul selama beberapa minggu dan berangsur-angsur membaik. Sebagian kecil kasus dapat berkembang menjadi gagal hati yang ditandai dengan kerusakan hati yang berat dan mengancam nyawa.

Bagaimana kita dapat tertular dengan virus hepatitis A?

Virus hepatitis A dapat menular melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, oleh karena itu minumlah air yang sudah dimasak dan bersih, cuci tangan sebelum makan, hindari makanan mentah dan pastikan makanan yang kita makan terjaga kebersihannya. Selain itu, berhubungan seksual dengan orang yang mengidap hepatitis A juga dapat tertular penyakit ini. Ingat, tidak semua pengidap hepatitis A menimbulkan gejala. Penggunaan Narkoba jarum suntik  juga dapat menularkan virus hepatitis A.

Pemeriksaan apa yang harus dilakukan?

Deteksi virus dan antibodi terhadap hepatitis A dilakukan melalui pemeriksaan darah yaitu pemeriksaan IgM anti HAV.

Bagaimana terapi untuk Hepatitis A?

Tidak ada obat khusus yang dapat menyembuhkan hepatitis A. Infeksi hepatitis A akan membuat tubuh terasa lemah dan lelah. Hal tersebut dapat terjadi selama beberapa bulan, sehingga istirahat lebih banyak dan kurangi kerja keras perlu dilakukan selama 1-2 bulan sampai hati melakukan penyembuhan secara total. Rasa mual juga akan mengganggu dan dapat mengurangi asupan nutrisi. Jika hal tersebut terjadi, pilihlah makanan dan minuman yang padat kalori sehingga meskipun hanya dikonsumsi sedikit tetapi dapat memberikan asupan kalori seperti minumlah jus buah dibandingkan dengan air putih biasa.

Untuk membantu pemulihan hati, hindari obat-obatan apapun. Ingat bahwa hati berfungsi mengolah obat, berikanlah hati waktu untuk beristirahat.

Apakah hepatitis A dapat dicegah?

Hepatitis A dapat dicegah dengan melakukan hidup bersih dan sehat, karena hepatitis A ditularkan melalui makanan atau minuman yang tercemar dan melakukan vaksinasi terhadap hepatitis A. Imunisasi hepatitis A diperkenalkan tahun 1996. Pada tahun 1996, rekomendasi imunisasi hepatitis A difokuskan pada kelompok yang rentan dan berisiko tinggi terhadap penyakit hepatitis A. Pada tahun 1999, rekomendasi imunisasi hepatitis A diberlakukan untuk seluruh anak di atas usia 1 tahun. Imunisasi hepatitis A ini terbukti efektif menurunkan angka kesakitan (39.000 pertahun menjadi 5000 pertahun). (WIN)

Sumber:

Central of disease control.

Mayo clinic

Share artikel ini: