Hari pertama di sekolah sangatlah penting bagi seorang anak. Pengalaman pertamanya di sekolah dapat mewarnai seluruh kehidupan di sekolahnya. Pengalaman hari pertama sekolah dapat membentuk niat dan motivasinya untuk terus bersekolah. Jangan anggap enteng hari pertama sekolah, persiapkanlah hari ini dengan prima!

Berikut adalah tips yang dapat membantu anda:
• Hari pertama bukanlah hari pertama. Adalah ide bagus untuk mengajak anak anda kunjungan perkenalan ke sekolah, misalnya saat mendafatar, berkenalan dengan guru, mengajaknya melihat ruang kelas dan tempat bermain.

• Jembatani pertemanan anak anda. Anda bisa berkenalan dengan orang tua lainnya dan membauat pertemuan  untuk mengenali anak-anak kalian. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anak saat hari pertama bersekolah bersama dengan anak-anak yang sudah dikenalnya.

• Beri peluang kepada anak untuk belajar berkomunikasi. Anak-anak yang telah bersekolah lebih dini, misalnya “playgroup” mungkin lebih baik kemampuan sosialnya. Namun ada anak-anak yang sulit berinteraksi sosial, anda dapat mengajaknya ke tempat-tempat bermain umum untuk meningkatkan kemampuan sosialnya.

• Ikuti kelas uji coba. Banyak sekolah yang memungkinkan anak mengikuti kelas uji coba, saat itu anda dapat memperkenalkan kepada anak tentang peraturan-peraturan umum seperti anak-anak tidak boleh berkelahi, tidak boleh ribut saat jam pelajaran berlangsung, semua milik sekolah dapat dipakai bersama-sama, mainan, lapangan bermain, dll.

• Sebaiknya anak anda mampu mengurus diri sendiri. Pastikan anak anda dapat membuka dan memakai baju sendiri. Pastikan dia tidak mengompol sehingga mudah baginya berpisah dengan anda saat di sekolah.

• Ketahui kekuatirannya. Buatlah anak anda yakin bahwa sekolah  itu aman, tidak ada yang perlu ditakutkan. Diskusikanlah apa yang dia kuatirkan. Mungkin ia takut kalau tidak boleh keluar untuk buang air kecil, bagaimana salama perjalanan di sekolah dengan bus antar jemput, bagaimana ia pulang nanti? Pastikan anak anda mendapatkan jawaban dari segala kekuatirannya sebelum hari pertama sekolah.

• Bantulah mengemas tas sekolahnya sehari sebelumnya. berilah ia kesempatan mengusulkan apa saja yang akan dibawanya besok, dan berilah saran-saran seperti perlunya kotak makan siang. Jelaskan kegunaan dari setiap barang yang masuk ke dalam tasnya.

• Pastikan anak anda sehat.  Pastikan lah ia sehat di hari pertama sekolahnya. Memberikan imunisasi lengkap sebelum usia sekolah juga sangat dianjurkan. (win)

Share artikel ini: