Orang tua dengan penyakit jiwa : masalah untuk anak

Apakah penyakit jiwa?

Penyakit jiwa diperkirakan mengenai 1 dari 4 orang pada suatu waktu dalam kehidupan kita. Saat orang memiliki jiwa yang sehat mereka merasa baik tentang dirinya; mereka dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan mudah, seperti pergi sekolah atau bekerja dan menikmati hobi mereka dan teman. Bahkan saat beberapa hal menjadi tidak benar mereka dapat memperbaikinya sendiri walaupun hal tersebut berat bagi mereka. Saat seseorang sakit secara jiwa, mereka dapat merasa hal-hal sehari-hari sangat sulit untuk dikerjakan dan mereka dapat merasa bingung dan marah sepanjang waktu. Mereka dapat melakukan hal yang mereka anggap normal untuk mereka tetapi tidak untuk orang lain yang melihat mereka karena terlihat aneh.

Anak yang memiliki orang tua dengan penyakit jiwa

Banyak anak akan tumbuh dengan orang tua yang pada satu keadaan memiliki penyakit jiwa. Sebagian besar orang tua ini akan mengalami penyakit yang ringan dan biasanya ditangani oleh dokter keluarga. Beberapa anak hidup dengan orang tua yang memiliki penyakit jiwa berat seperti skizofrenia atau manik-depresi (bipolar). Banyak anak tinggal dengan orang tua yang memiliki masalah jangka panjang, seperti ketergantungan alkohol atau obat-obatan, gangguan kepribadian atau depresi jangka panjang.

Kesulitan untuk anak-anak

Anak-anak seringkali dapat mengatasi dengan baik saat orang tua sakit dalam waktu yang singkat. Labih mudah untuk mereka jika mereka dapat mengerti mengapa orang tua mereka menjadi sakit. Penting untuk menjelaskan kepada mereka daripada menyembunyikannya. Anak-anak akan menemukan kesulitan untuk mengatasinya saat masalah berlangsung lama. Situasi ini pada banyak anak dapat menimbulkan masalah jika mereka :

  • Dipisahkan berkali-kali dari orang tua yang perlu pergi ke rumah sakit untuk mendapat perawatan
  • Merasa tidak yakin dengan hubungan bersama orang tua yang memiliki penyakit jiwa
  • Anak tidak dirawat dengan baik
  • Mengalami pukulan atau pengasuhan yang salah (hal ini lebih sering pada orang tua yang mengalami ketergantungan alkohol, obat-obatan atau gangguan kepribadian)
  • Harus merawat orang tua yang sakit, atau merawat kakak atau adik
  • Kecewa, takut, khawatir, atau malu karena penyakit orang tua mereka atau perilakunya
  • Diperolok atau ditindas oleh yang lain
  • Mendengar hal-hal yang tidak baik mengenai orang tua mereka yang sakit

Masalah yang dapat timbul pada anak-anak

Beberapa anak menyimpan untuk dirinya, menjadi khawatir dan sulit untuk berkonsentrasi pada pekerjaan sekolah mereka. Mereka dapat kesulitan untuk berbicara mengenai kesakitan orang tua mereka atau masalah di rumah yang dapat mengakibatkan mereka berhenti mencari pertolongan. Anak-anak seringkali malu mengenai sakitnya orang tua mereka dan khawatir diri mereka ikut menjadi sakit.

Beberapa anak lebih berisiko untuk mengalami penyakit jiwa terutama jika mereka mengalami :

  • Pelecehan atau diabaikan
  • Banyak kekerasan/pertengkaran diantara orang tua mereka
  • Orang tua yang berpisah atau bercerai
  • Orang tua yang menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan
  • Penderitaan dari kemiskinan, tempat tinggal yang tidak layak dan ketidakstabilan selama masa kanak-kanak

Dimana dapat mencari pertolongan?

Beberapa cara dapat diambil untuk mencoba menghindari masalah tersebut dan membuat hidup anak lebih mudah, contoh:

  • Memiliki orang tua yang dapat dipercaya, konsisten dan penyayang atau orang dewasa lain di sekitarnya
  • Diberikan informasi dan penjelasan mengenai kesakitan orang tua mereka
  • Penting untuk orang tua dan guru untuk peka terhadap kemungkinan stres pada anak dengan orang tua yang sakit, dan mengenali perilaku anak yang sulit sebagai tanda untuk meminta pertolongan
  • Tenaga kesehatan dan pekerja sosial dapat memberikan dorongan dan pertolongan terhadap keluarga untuk merawat anak

Bila anak memiliki masalah perilaku yang mengganggu kehidupan mereka dan tidak membaik maka rujukan kepada spesialis diperlukan. Seorang anak sangat menghargai peluang untuk membicarakan penyakit orang tua mereka dan ketakutan mereka dengan tenaga profesional yang bekerja dalam bidang ini. Mereka juga butuh bantuan untuk mengatasi masalah emosi dan perilaku mereka.

(YSK)

Sumber : Parents with a mental illness: the problems for children

http://www.cyh.com/HealthTopics/HealthTopicDetails.aspx?p=114&np=99&id=1934

Share artikel ini: