Apakah itu efek samping obat?
Obat dapat menyembuhkan bahkan mencegah penyakit. Namun mengkonsumsi obat juga dapat menimbulkan efek samping. Efek samping obat ini dikenal dengan adverse drug reaction. Mari kita mengenal secara umum efek samping obat dan bagaimana cara menanggulanginya.

Apakah efek samping obat dapat terjadi pada semua orang?
YA, siapapun dapat mengalami efek samping obat yang merugikan. Mengkonsumsi lebih dari tiga jenis macam obat dapat meningkatkan risiko efek samping yang merugikan. Obat yang satu dapat bereaksi saat dikonsumsi dengan obat lainnya. Salah satu mengurangi efek samping obat yang merugikan adalah konsultasilah dengan dokter atau apoteker dalam menggunakan obat-obatan, gunakanlah obat sesedikit mungkin, informasikanlah kepada dokter semua obat yang sudah atau sedang diminum.

Apakah obat-obat yang menimbulkan efek samping terutama pada obat yang diresepkan (bukan dijual bebas)?
TIDAK, semua obat dapat menimbulkan efek samping yang merugikan. Semua produk obat termasuk vitamin, herbal, suplemen dalam bentuk apapun dapat menimbulkan efek samping yang merugikan. Makanan juga dapat menimbulkan reaksi pada saat dikonumsi bersamaan dengan obat misalnya jus jeruk bali, alkohol dan kafein yang sering menimbulkan efek samping obat jika dikonsumsi bersamaan dengan obat lain.

Mungkin anda pernah mengkonsumsi obat tertentu di masa lampau dan tidak menimbulkan efek samping, namun jika anda mengkonsumsi obat yang sama bersamaan dengan obat lain saat ini anda dapat merasakan efek samping bukan karena obat tersebut namun karena interaksinya dengan obat lain.

Apakah Aman Menggunakan Resep Teman atau Saudara?
TIDAK, karena resep yang dibuat dokter bersifat individual. Obat yang diresepkan untuk saudara atau teman anda belum tentu aman jika anda konsumsi meskipun keluahan dan penyakti yang anda rasakan sama, hal ini karena :
– Dokter meresepkan obat tergantung dari berat badan, jenis kelamin, umur. Dosis yang tepat mengurangi efek samping yang merugikan.
– Kandungan obat yang anda butuhkan mungkin berbeda dengan obat yang dikonsumsi teman atau saudara anda.
– Reaksi obat tiap individu berbeda, efek samping yang dirasakan orang lain belum tentu anda rasakan, sebaliknya jika teman anda tidak merasakan efek samping bisa saja anda mengalami efek samping yang merugikan.
– Jangan prenah berbagi resep dengan orang lain.

Bagaimana Kita Tahu Kita Terkena efek samping yang Merugikan?

Saat minum obat, anda merasa perubahan pada tubuh atau gejala yang tidak biasa. Sulit untuk mengetahui gejala yang dirasakan merupakan reaksi obat atau akibat penyakit yang sedang diderita, berkonsultasilah dengan dokter anda. Berikut adalah beberapa reaksi obat yang umum terjadi:
• Gatal-gatal
• Mudah Memar
• Perdarahan
• Mual dan muntah
• Diare
• Konstipasi
• Gelisah
• Kesulitan napas
• Detak jantung yang tidak normal
• Hasil laboratorium yang tidak normal
Apa yang Dilakukan Dokter jika Kita mengalami efek samping obat?
Dokter mungkin akan menghentikan pengobatan atau dokter akan meresepkan obat yang bisa mengatasi reaksi obat tersebut. Jangan pernah menghentikan obat atas inisiatif sendiri.

Written by familydoctor.org editorial staff

Share artikel ini: