Keluarga yang diidam-idamkan adalah keluarga yang berfungsi dengan baik, menunjang anggota keluarga dalam menjalani kehidupan atau fungsinya sehari-hari. Dalam perjalanannya, suatu keluarga pasti mengalami keadaan pasang surut. Keadan dimana fungsi keluarga normal terganggu akibat keadaan-keadaan yang minimbulkan tekanan. Misalnya kematian di keluarga, sakit yang berat pada orang tua; sakit jiwa, perceraian orang tua.

Pada keluarga yang terganggu fungsinya (dysfunctional family) masalah-masalah yang timbul berlangsung lama dan anak tidak mendapat kebutuhan hidupnya dalam jangka waktu lama. Keadaan-keadaan penuh tekanan yang normal terjadi dalam keluarga bila tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan dysfunctional family.

Untuk mencegah hal itu maka perlu sekali kita mengenali keadaan-keadaan yang berpotansi menggangu fungsi keluarga agar bila hal itu terjadi maka fungsi keluarga tidak terganggu dalam jangka waktu lama. Untuk membantu, maka kami sertakan artikel menganai keadaan-keadaan yang bisa berpotensi menimbulkan gangguan dalam keluarga.

Kematian merupakan bagian dari siklus hidup manusia dan tidak dapat dicegah. Bila kematian salah satu orang tua tiba, bagaimana menjelaskan kepada anak? Bagaimana mengatasi rasa sedih dan berkabung? Artikel KEMATIAN dan RASA DUKA DAN KEHILANGAN akan menjelaskannya.

Perceraian atau perpisahan orang tua juga akan menimbulkan tekanan dalam keluarga baik orang tua dan anak. Artikel BERPIKIR UNTUK BERCERAI memberikan anda pertimbangan-pertimbangan sebelum anda memutuskan perpisahan. PERPISAHAN KELUARGA, SETELAH PERPISAHAN  dan ORANG TUA TUNGGAL mencoba memberikan gambaran yang Anda dan anak hadapi bila perpisahan terjadi.

Salah satu penyakit berat yang dapat mengganggu fungsi keluarga adalah penyakit jiwa. Bagaimana anak bila ada orang tua menghadapi sakit jiwa? Artikel ORANG TUA DENGAN PENYAKIT MENTAL memberi gambaran apa yang terjadi. Bagaimana perasaan anak dan masalah yang dapat timbul pada anak dengan orang tua dengan penyakit jiwa.

Harapan kita bersama adalah keluarga yang berfungsi dengan baik. KELUARGA YANG BAIK diharapkan memberikan sedikit gambaran tentang fungsi keluarga yang baik.

Ingat selalu : apapun masalah Anda dan keluarga, anak adalah bagian tidak terpisahkan.

Salam SEHAT

Share artikel ini: