Cradle cap adalah kelainan kulit yang sering terjadi pada bayi. Cradle cap nampak sebagai lapisan kuning di kulit kepala seperti minyak kering. Cradle cap sangat jarang pada bayi berumur diatas 3 bulan. Cradle cap disebabkan oleh peradangan pada kelenjar minyak pada kulit kepala. Kelenjar minyak  ini masih dipengaruhi oelh hormone ibu saat dalam kandungan. Setelah bayi berusia 3 bulan, kelenjar minyak menjadi tidak aktif sampai ia pubertas nantinya.

Cradle cap akan hilang sendiri seiring dengan waktu, tetapi apabila disertai dengan kelainan kulit lain diluar kulit kepala dan adanya peradangan kulit lain yang tidak wajar, perlu konsultasi dengan dokter kemungkinan penyakit lain. Apabila cradle cap tidak membaik setelah usia tiga bulan, perlu dipikirkan kemungkinan eksim (dermatitis) yang memerlukan penanganan lebih lanjut.  Cradle cap tidaklah menyebabkan nyeri dan bukan disebabkan oleh higienis yang buruk.

Tanda

Tanda cradle cap adalah :

–          Kulit kemerahan

–          Kulit berminyak

–          kerak tebal dan berminyak pada kulit kepala

–          Krusta kuning

Perawatan di rumah

Meskipun cradle cap akan hilang sendiri seiring waktu, beberapa hal dibawah ini dapat dilakukan untuk mengurangi gejala :

–          Pijat lembut kepala bayi dengan minyak yang lembu t dimalam hari, dan keramasi bayi dengan shampoo lembut di pagi harinya, ini akan membantu pengelupasan kerak. Saat keramas dapat dibantu dengan sikat gigi yang lembut untuk membantu pengelupasan kerak.

–          Penggunaan shampoo antiketombe dapat diberikan jika tidak ada perbaikan dengan cara lain, namun harus diketahui bahwa shampoo antiketombe tidak dianjurkan untuk bayi karena risiko iritasi kulit dan mata sangat besar.

–          Apabila setelah tiga bulan, tidak ada perbaikan maka konsultasikan ke dokter untuk kemungkinan penyakit lain.

Infeksi pada cradle cap

Kadang-kadang kuman dapat menginfeksi cradle cap dan berkembangbiak di kerak-kerak kuning tersebut. Apabila anda menemukan kulit kepala menjadi berbisul, atau bintil berisi nanah knsultasikan ke dokter untuk diagnosis dan pengobatan lebih lanjut.

Kapan harus ke dokter?

–          Kelainan meluas ke bagian tubuh lain.

–          Adanya bintil atau nanah (tanda infeksi lain seperti demam, anak menjadi kurang aktif)

Risiko di kemudian hari

Bayi-bayi yang menderita cradle cap berisiko menderita ketombe saat usia remaja bahkan sampai dewasa.

(Win)

Sumber : Royal Children Hospital-Melbourne

Share artikel ini: