Cacingan memang merupakan masalah kesehatan pada Negara berkembang. Cacingan bukan saja menyebabkan kekurangan gizi tetapi menurunkan kualitas dan produktivitas sumber daya manusia. Meskipun cacingan membahayakan, bukan berarti segala sesuatunya dikaitkan dengan cacingan.

Banyak gejala-gejala yang bukan disebabkan oleh cacingan namun cacing menjadi sasaran diagnosis. Mari kenali gejala-gejala yang pada umumnya membuat orang tua memberikan obat cacing tanpa mencari penegakkan diagnosis.

Mari membaca artikel “Pruritus ani” untuk mengetahui berbagai penyebab gatal pada anus selain cacingan. Artikel “Borborigmi” dapat membantu anda yang sering cemas apabila mendengar bunyi keruyukan pada perut anak. “Anak kurus = cacingan” apakah itu benar?.

Mari mengenali cacing-cacing yang paling sering menginfeksi di Negara tropis yaitu cacing gelang, cacing tambang, cacing cambuk dan cacing kremi. Berbagai obat cacing dapat dibaca pada artikel berikut pyrantel pamoat, albendazole, mebendazole, dan prazikuantel.

Artikel terakhir yang tidak kalah penting adalah apakah perlu pengobatan terus menerus tanpa pemeriksaan tinja? Simak informasi lengkapnya dalam ‘Penggunaan obat cacing’.

Salam sehat

Share artikel ini: