Iron Overload (besi yang terlalu banyak)

Kelebihan besi dalam tubuh terjadi saat zat besi berakumulasi di dalam tubuh. Zat besi yang berlebih dideposit/ terakumulasi di organ tubuh, yaitu : hati, jantung, kelenjar endokrin, yang dapat menyebabkan kerusakan organ. Pada awalnya kelebihan zat besi akan menumpuk di organ hati baru kemudian berakumulasi di organ yang lain.

Penyebab :

–          Hemokromatosis herediter (keturunan)

  • Merupakan kondisi seseorang mengalami peningkatan penyerapan zat besi dan akumulasinya. Terdapat beberapa tipe yang umum terjadi pada populasi eropa utara.

–          Transfusi darah berulang

  • Kelebihan zat besi dapat terjadi saat transfusi darah berulang 910 kali transfusi). Hal ini menjadi masalah pada pasien yang membutuhkan transfusi darah sebagai bagian dari terapi penyakit/kondisi yang dialaminya. Pasien yang membutuhkan transfusi darah berulang diantaranya : talasemia mayor, penyakit sickle sell, dan sindroma myelodisplastik. Pasien dengan talasemia beta mayor berisiko mengalami kelebihan zat besi karena penyerapan zat besi juga meningkat.

–          Penyebab lainnya :

  • Penyakit hati
  • Asupan zat besi yang berlebihan atau suplementasi zat besi
  • Porfiria kutanea tarda
  • Aceruloplasminemia (jarang)

Gejala

–          Umumnya tidak ada gejala sampai terjadi kerusakan organ (ireversible). Untuk itu perlu kewaspadaan dan pemantauan pada mereka yang berisiko.

–          Tanda awal dari hemokromatosis adalah lelah dan radang sendi (seringkali radang sendi terjadi di tangan, jari telunjuk dan jari tengah)

–          Pada pasien dengan talasemia, kelebihan zat besi di jantung muncul sebagai penurunan kemampuan olahraga atau gejala gagal jantung kiri

–          Dapat muncul tak terduga dalam pemeriksaan rutin : peningkatan feritin yang tidak dapat dijelaskan atau penyakit hati yang tidak dapat dijelaskan (dapat mengarahkan kepada pemeriksaan kepada hemokromatosis)

Untuk itu diperlukan kewaspadaan dan pengawasan pada orang-orang yang :

–          Mendapat transfusi darah berulang. Pastikan diskusikan dengan dokter untuk mengawasi gejala kelebihan zat besi

–          Menjalani suplementasi besi. Pastikan diagnosis tepat karena defisiensi besi, pastikan dosis yang tepat dan durasi waktu yang tepat.

–          Segera periksa keluarga bila ada keluarga yang mengalami hemokromatosis

Sumber bacaan :

http://www.patient.co.uk/doctor/Iron-Overload.htm

Share artikel ini: