Apakah anda ingin membantuk anak remaja untuk berhenti mereokok? Ikuti pendekatan yang bukan omong kosong ini, mulai dari memberikan contoh yang baik hingga membuat rencana dan merayakan kesuskesan.

Remaja merokok adalah masalah yang serius. Lagipula, remaja yang merokok kecenderungannya sangat besar untuk menjadi perokok di masa dewasanya. Jika anda menemukan anak remaja anda merokok, tanggapilah hal ini dengan serius. Membantu anak remaja anda berhenti merokok akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk memiliki kesehatan yang baik sepanjang hidupnya.

Ajak Bicara

Anda bisa memulai dengan memberitahu anak anda untuk berhenti merokok. Pesan seperti ini sangat penting. Tetapi pesan yang sifatnya perintah, ancaman, atau ultimatum, kebanyakan tidak akan berhasil.  Bersikaplah hati-hati dan supportive, bukan bersikap marah kepada mereka.  Tanyakan kepada anak remaja anda, apa yang menjadi awal mula penyebab dia merokok. Bisa saja penyebabnya itu karena ingin diakui oleh temannya, atau mungkin mereka menganggap dengan merokok dapat membantu menghilangkan stress yang mereka alami. Kadang-kadang remaja merokok itu merupakan usaha untuk dianggap keren atau terlihat lebih dewasa.

Begitu anda mengetahui alasan anak remaja anda merokok, anda sebaikanya segara menyiapkan diri untuk menyatakan bahwa merokok adalah suatu masalah – termasuk juga menyiapkan diri anda untuk membantu anak remaja anda untuk berhenti merokok.

Dorong Anak Remaja Anda untuk Menyatakan Kekhawatirannya

Walaupun  akibat dari merokok – seperti kanker, serangan jantung, stroke – sangat nyata, namun semuanya itu mungkin diluar bayangan anak anda. Daripada anda memberikan wejangan mengenai bahaya merokok dalam jangka panjang, anda sebaiknya bertanya pada anak anda, hal-hal apa saja yang mereka anggap negatif dari merokok tersebut.  Begitu anak anda mengatakan hal negatif tersebut, berikan daftar berisi hal-hal negatif dari merokok, yang telah anda buat. Masukkan hal-hal yang dapat ‘meruntuhkan’ kesombongan anak anda, seperti:

  • Merokok dapat menyebabkan napas berbau.
  • Merokok juga menyebabkan bau pada pakaian dan rambut.
  • Merokok menyebabkan gigi dan jari-jari menjadi kuning.
  • Merokok membuat kamu terlihat pucat dan tidak sehat.
  • Merokok menyebabkan kerutan.
  • Merokok dapat menyebakan batuk dan dahak.
  • Merokok dapat menghilangkan energi untuk berolahrga dan kegiatan favorit lainnya.

Dan tentu saja, merokok itu mahal. Ajak anak anda untuk menghitung biaya yang dikeluarkan untuk merokok mingguan, bulanan, atau tahunan. Anda bisa melakukan perbandingan biaya untuk membeli rokok tersebut dengan biaya membeli alat elektronik, pakaian, atau barang-barang lain yang penting bagi anak remaja anda.

Berikan Contoh yang Baik

Sebagai orang tua, andalah yang memberikan pengaruh paling besar bagi kehidupan anak remaja anda – tindakan anda akan ‘berbicara’ lebih kerang dibandingkan kata-kata. Jika anda merokok, jangan berharap bahwa anak anda akan berhenti merokok. Anak remaja anda bisa mengartikan bahwa dengan anda merokok berarti ‘mengesahkan’ merokok sebagai suatu perilaku yang wajar. Oleh karena itu, anda perlu juga untuk berkonsultasi dengan doktor untuk berhenti merokok dan menggunakan alat bantu lainnya yang dapat membuat anda berhenti merokok.  Untuk sementara, anda jangan merokok di rumah, di dalam mobil, atau di depan anak remaja anda, dan jangan tinggalkan batang rokok di tempat yang bisa ditemukan oleh anak reja anda.  Terangkan kepada anak anda betapa anda tidak bahagia dengan kebiasaan merokok anda, dan dengan alasan itulah sangat penting bagi anda untuk berhenti merokok.

Bantu Anak Remaja Anda untuk Membuat Rencana Berhenti

Anak remaja bisa menjadi sangat kecanduan nikotin dalam waktu yang sangat cepat – kadang hanya dalam waktu beberapa minggu saja. Dan banyak di antara mereka yang berpikir bahwa mereka bisa berhenti kapan saja, tapi penelitian menunjukkan bahwa hal ini tidak selalu benar.

Ketika anda membicarakan tentang berhenti merokok kepada anak anda, tanyakan juga apakah ada teman-temannya yang telah berusaha untuk berhenti merokok. Tanyakan juga mengapa mereka bisa atau tidak bisa berhasil. Setelah itu, tanyakan kepada anak anda, strategi yang seperit apa yang menurut mereka dapat membantu mereka berhenti merokok. Anda dapat juga menawarkan beberapa saran kepada mereka:

  • Tuliskan dalam kertas. Ajak anak anda untuk menuliskan semua alasan yang membuat mereka ingin berhenti merokok. Daftar ini dapat membantu mereka supaya tetap termotivasi ketika datang godaan untuk merokok.
  • Tentukan tanggal berhenti. Bantu anak anda untuk menentukan tanggal di mana dia akan berhenti merokok. Hindari menetapkan tanggal berhenti merokok di saat anak mengalami stress yang cukup tinggi, seperti ketika sedang menghadapi ujian.
  • Bergaul dengan teman-teman yang tidak merokok. Tanyakan kepada anak anda mengeni teman-temannya. Apakah teman-teman tersebut mendukung anak anda untuk berhenti merokok juga? Atau – jika teman-temannya merokok– apakah mereka juga berencana untuk behenti merokok? Jika anak anda merasa ditekan untuk merokok, doronglah dia untuk terlibat dalam aktivitas atau kegiatan baru. Memiliki teman baru yang tidak merokok akan membuat anak anda lebih mudah untuk menghindari teman lamanya yang tidak berniat untuk berhenti merokok.
  • Berlatih untuk berkata tidak. Tekanan dari teman sebaya (peer pressure) untuk merokok bisa jadi tidak bisa dihindari, tapi bukan berarti anak anda harus menurut dan mengikutinya. Bantu anak anda berlatih untuk berkata, “Terima kasih, tapi saya tidak merokok.”
  • Bersiaplah pada masa craving (kecanduan). Ingatkan anak anda bahwa rasa ingin merokok tersebut hanya sebentar saja – biasanya hanya beberapa menit – dan candu terhadp nikotin itu akan terlawati. Anjurkan untuk mengambil napas yang dalam beberapa kali. Tawarkan permen karet, cinnamon sticks, tusuk gigi, atau sedotan untuk membuat mulut anak anda cukup ‘sibuk’.
  • Hubungi spesialis pengehenti-rokok (tobacco-cessation specialist). Dokter ahli ini dapat membantu anak anda dengna memeberikan alat dan juga dukungan yang anak anda butuhkan, untuk berhenti merokok.
  • Pertimbangkan penggunaan produk penghenti-rokok. Walaupun produk pengganti – seperti permen karet nikotin, patches, inhalers atau alat hisap –  tidak didesain untuk remaja, untuk beberapa kasus alat-alat tersebut dapat membantu. Hal yang sama juga untuk obat-obatan yang mengandung  bupropion atau varenicline. Tanyakan pada dokter anak anda, pilihan yang paling tepat untuk anak anda.
  • Mengikuti support group. Beberapa rumah sakit dan organisasi lokal menawarkan grup untuk remaja yang ingin/sudah berhenti merokok. Anda dapat mencari grup ini melalui internet.
  • Belajar dari kesalahan. Jika anak anda mengalami sedikit kegagalan dalam usahanya berhenti, tetaplah bersikap mendukung. Berikan selamat atas tahapan yang telah anak anda lalui, dan berikan semangat kepada anak anda untuk tidak menyerah. Bantu anak anda untuk mengidentifikasikan apa yang salah dan apa yang bisa dilakukan berbeda untuk selanjutnya.

Di atas segalanya, rayakan kesuskesan anak anda. Hal ini bisa anda lakukan dengan menawarkan makanan favoritnya, kaos baru, atau pesta dengan teman-teman yang tidak merokok ketika anak anda sudah berhasil tidak merokok selama sebulan.  Hadiah-hadiah kecil dan banyak bantuan yang sifatnya positif, dapat membantu anak remaja anda untuk berhenti merokok selamanya.

Sumber : “Teen smoking: How to help your teen quit”

http://www.mayoclinic.com/health/teen-smoking/TN00016/NSECTIONGROUP=2

Share artikel ini: