Enam orang berkumpul dalam rumah, salah satu dari mereka terinfeksi Covid-19. Sekitar 31% kejadian penyebaran virus corona di Spanyol disebabkan oleh pertemuan-pertemuan seperti ini, umumnya pertemuan keluarga atau antar teman.

Terlepas dari apakah jarak dijaga atau tidak, jika 6 orang berkumpul bersama, berbicara dengan suara keras tanpa menggunakan masker selama 4 jam dalam ruangan tanpa ventilasi udara, maka 5 orang akan terinfeksi, demikian penjelasan suatu penelitian ilmiah.

Jika masker dipakai, maka 4 orang akan berisiko terinfeksi. Pakai masker saja tidak menghentikan penularan bila waktu berinteraksinya berlangsung lama.

Risiko penularan akan turun jika semua orang memakai masker, mempersingkat waktu pertemuan hingga separuh (2 jam saja) dan membuka ventilasi udara dalam ruangan.

Tanpa ventilasi udara, aerosol akan tetap berada di udara, dan makin bertambah banyak jumlahnya seiring dengan waktu.

Aerosol adalah butir-butir kecil air yang dikeluarkan dari pernapasan dengan ukuran diameter kurang dari 100 mikrometer, dan dapat bertahan di udara selama berjam-jam.

Droplet adalah partikel-partikel kecil yang diameternya lebih dari 300 mikrometer, dan karena pergerakan udara, jatuh ke bawah dalam beberapa detik.

Ada 1200 aerosol yang keluar dalam setiap droplet.

Lihat ilustrasi berikut ini: satu titik jingga mewakili satu dosis partikel pernapasan yang mampu menginfeksi seseorang jika terhirup masuk.

Kita mengeluarkan 10 kali lebih banyak partikel pernapasan ketika berbicara daripada jika diam.

Kita mengeluarkan 50 kali lebih banyak partikel pernapasan ketika berteriak daripada jika diam.

Skenario terburuknya adalah:

berteriak atau menyanyi dalam ruang tertutup selama 1 jam, seseorang dengan Covid-19 bisa mengeluarkan 1500 dosis penularan.

Video dibuat oleh: Luis Almodovar

Share artikel ini: