Masih ingat dongeng mengenai peperangan antara tentara kota dan musuh?

Antibiotik bagaikan senjata ampuh yang dapat membunuh musuh dengan cepat. Kamu pernah lihat basoka? senjata dengan peluru yang besar, lalu ditembakkan ke musuh dan meledak. Antibiotik lebih hebat dari itu untuk membunuh bakteri jahat.

Namun pada suatu hari.. manusia tidak menggunakan antibiotik dengan baik. Coba bayangkan jika kita menggunakan senjata hebat dengan sembarangan, kita menembakkan senapan atau pistol dengan sembarangan? Siapakah yang akan mati? mungkin saja teman-teman kita, saudara-saudara kita atau kita sendiri yang akan mati, karena tidak menggunakan senjata dengan benar. Banyak orang baik yang akan terbunuh dengan senjata yang kita gunakan sembarangan itu. Lalu bagaimana dengan musuh? Dia akan semakin kuat, dan mencari cara untuk mengalahkan kita. Mereka akan membuat senjata yang lebih canggih untuk mengalahkan sejata kita.

Jadi, jika kita ingin memenangkan peperangan dengan musuh, gunakan senjata dengan benar dan tepat sasaran kepada musuh, bukan menggunakan sejata sembarangan sehingga membunuh teman-teman kita sendiri. Demikian halnya menggunakan antibiotik, kita harus menggunakan antibiotik untuk membunuh bakteri jahat, jika kita menggunakan antibiotik sembarangan, maka bakteri-bakteri jahat memiliki kesempatan untuk mencari senjata untuk membunuh antibiotik…

Tahukah kamu saat ini kita dalam masa kekalahan dari bakteri jahat, karena bakter-bakteri  tersebut telah memiliki senjata untuk membunuh antibiotik. Kita harus menyelamatkan antibiotik. Gunakanlah senjata yang hebat untuk musuh yang kuat. Gunakanlah antibiotik untuk bakteri yang benar-benar jahat.

Apabila bakteri-bakteri jahat mampu membunuh semua antibiotik, maka kita tidak punya senjata lagi. Apabila kita sakit, kita tidak bisa disembuhkan, kita akan kembali ke jaman dahulu seperti antibiotik belum ditemukan. Ayo kita selamatkan antibiotik, gunakan antibiotik hanya untuk bakteri yang benar-benar jahat. (win)

Share artikel ini: