Berikan obat dengan dosis yang tepat, baca label obat baik-baik.

Ketika anak jatuh sakit dan harus minum obat perhatikan bahwa mereka bukanlah dewasa dalam bentuk mini. Berikut beberapa cara memberikan obat dan dosis yang tepat kepada anak anda

1. Baca dan ikuti dengan cermat semua petunjuk pemberian. Perhatikan peringatan dan dosis pemberian obat. Jika timbul gejala dan efek samping atau kondisi anak tidak kunjung membaik segera hubungi dokter anda.

2. Mengetahui dengan jelas dan berapa banyak dosis obat yang diminum. Baca dan perhatikan label obat.

3. Mengetahui singkatan yang digunakan di label obat, seperti sendok makan (tablespoon = tbsp), sendok teh (teaspoon = tsp). Juga perhatikan milligram (mg), mililiter (ml) dan ounze (oz).

4. Gunakan alat yang tepat untuk mengukur dosis, jangan menebak atau mengira-ngira. Gunakan alat ukur yang tepat dan jangan saling menggantikan seperti sendok makan untuk menggantikan sendok teh dll.

5. Jangan mengulang resep dokter, walau anak anda mengalami gejala sakit sama seperti sakit sebelumnya.

6. Ikuti saran berat badan dan usia yang direkomendasikan. Jika disarankan untuk tidak memberikan pada usia atau berat badan tertentu, maka jangan lakukan. Hubungi dokter anda.

7. Perhatikan obat-obatan anda, tutup dengan rapat dan simpan ditempat aman. Terutama untuk vitamin, suplemen yang mengandung zat besi, dimana dapat menimbulkan kematian tiba-tiba akibat keracunan terutama pada anak usia dibawah 3 tahun.

8. Ikutin peringatan untuk menjauhkan obat-obatan dalam jangkauan anak-anak. sekarang obat-obatan diberi warna dan rasa sehingga makin berbahaya jika ditemukan oleh anak-anak tanpa pengawasan orang tua.

9. Selalu cek kondisi obat-0batan anda, jangan beli obat-obatan yang dari kemasannya terlihat tanda-tanda rusak, kemasan robek dan lain-lain. Laporkan kepada petugas jika menemukan obat-obatan dalam kondisi rusak dan masih dijual. (WS)

Sumber : Got A Sick Kid?

U.S. Food and Drug Administration

Share artikel ini: