Pernahkah anda mendengar kasus Stevens-Johnson Sindrome? Bagaimana kulit dan bibir seseorang menjadi melepuh dan terkelupas. Ada yang mengatakan ini alergi obat, ada pula yang mengatakan ini Adverse Drug Reaction (ADR), lalu apa bedanya? Apakah setiap alergi obat itu adverse drug reactions? Atau merupakan bagian terpisah?

Lalu apa bedanya alergi obat dengan merah dan gatal setelah minum obat? Atau bila pusing atau mulut terasa kering juga merupakan bagian dari alergi obat? Artikel ALERGI mencoba memberi gambaran umum seputar alergi, dan artikel APAKAH ALERGI OBAT ITU mencoba memaparkan seputar alergi obat.

Pencegahan lebih baik dari mengobati, bila kita bisa mencegah alergi dan adverse drug reactions tentu harus kita coba lakukan. Artikel PENTINGNYA KESADARAN AKAN BAHAYA OBAT DAN ADVERSE DRUG REACTIONS akan membahasnya.

Stevens-Johnson Sindrome merupakan efek yang tidak diinginkan dari obat yang serius, selain itu kita juga harus mengenali efek-efek obat yang tidak diinginkan. Artikel STEVENS-JOHNSON SINDROME, REAKSI ALERGI BERAT, PERTOLONGAN PADA BIDURAN memberi gambaran seputar keadaaan tersebut, pengenalan gejala dan penanganan awalnya.

Langkah-langkah algoritma dari Family Doctor coba disarikan yaitu bila anda mengalami ruam di kulit dan pembengkakan di wajah, karena gejala ruam dan bengkak di wajah adalah salah satu gejala dari alergi. Bisa dilihat di artikel ALUR PENANGANAN RUAM DI KULIT dan ALUR PENANGANAN PEMBENGKAKAN DI WAJAH.

Bijak menggunakan obat adalah cara untuk menghindari efek obat yang tidak diinginkan atau adverse drugs reactions (ADR) dan untuk bijak menggunakan obat kita harus belajar guidelines seputar kesehatan untuk mengetahui kapan kita perlu atau kapan kita tidak perlu obat. Tidak ada kata terlambat, mari kita belajar! Back to GUIDELINES

Salam SEHAT

Share artikel ini: