Alergi makanan memiliki gejala yang bervariasi dari iritasi ringan sampai mengancam nyawa. Alergi makanan lebih banyak diderita oleh anak-anak dibandingkan orang dewasa. Anak-anak yang memiliki alergi makanan memiliki risiko tinggi terhadap penyakit asma, eksim dan alergi lainnya.

Tidak ada obat untuk menyembuhkan alergi makanan, satu-satunya cara adalah menghindari makanan peneybab alergi tersebut. Beratnya reaksi alergi dapat berubah-ubah seiring waktu selama hidup.

Apakah alergi makanan itu?

Alergi makanan adalah reaksi imunitas tubuh terhadap kandungan tertentu dalam makanan. Imunitas atau kekebalan tubuh secara alami berfungsi sebagai pertahanan dari infeksi. Pada pasien yang memiliki alergi makanan, kandungan makanan tertentu terikat dengan antibodi dalam tubuh yang disebut immunoglobulin E(IgE). Akibat ikatan antara antibodi dan makanan ini menimbulkan gejala alergi.

Alergi makanan harus dibedakan dari intoleransi terhadap makanan. Alergi berarti terlibatnya sistem kekebalan tubuh (imunitas) sedangkan intoleransi adalah ketidakmampuan tubuh mencerna kandungan tertentu dalam makanan. Yang sering terjadi adalah salah kaprah mengartikan intoleransi susu sapi dengan alergi susu sapi.

Gejala dan tanda

Gejala alergi makanan muncul sekitar satu jam pasca mengkonsumsi makanan. Gejala tersering meliputi:

–       Biduran, ruam kulit, gatal

–       Bibir bengkak.

–       Bengkak di wajah, lidah, tenggorokan atau bagian tubuh yang lain.

–       Muncul mengi, hidung tersumbat, atau kesulitan bernapas.

–       Nyeri perut, diare, mual dan muntah

–       Pusing, sakit kepala bahkan pingsan.

Reaksi alergi yang berat disebut anafilaksis, yaitu kondisi alergi yang mengancam nyawa seperti bengkak pada tenggorokan sehingga sulit bernapas, syok (menurunnya tekanan darah dengan cepat), denyut nadi cepat dantidak teratur, dan terjadi penurunan kesadaran (sampai pingsan).

Pada dasarnya semua makanan berpotensi menimbulkan alergi, namun makanan tersering yang menimbulkan alergi adalah susu sapi, telur ayam, kacang tanah, jenis kacang lain seperti almond, walnut, ikan, berbagai seafood.

Saran untuk pasien

Apabila anda pernah mengalami alergi berat terhadap makanan, gunakan tanda pengenal seperti gelang yang bertuliskan bahwa anda alergi terhadap makanan tersebut. Bawalah adrenalin injeksi. Cari pertolongan medis secepatnya saat anda merasakan reaksi alergi yang cukup berat. (WIN)

Sumber:

Food allergies: reducing the risks. www.fda.gov/ForConsumers. Januari 2009

Share artikel ini: