Bakteri keluarga Enterobacteriaceae yang resisten terhadap Karbapenem

CRE, adalah subgrup dari Enterobacteriaceae yang sulit ditangani karena memiliki tingkat resistensi yang tinggi terhadap antibiotik yang biasa digunakan. CRE merupakan tantangan yang serius bagi kesehatan masyarakat.

Apa itu Enterobacteriaceae dan Karbapenem?

Enterobacteriaceae adalah keluarga bakteri, termasuk di dalamnya adalah bakteri Klebsiella dan Escherichia coli (E. coli), bakteri yang normal ditemukan pada saluran cerna manusia. Terkadang bakteri ini dapat menyebar ke luar saluran cerna dan menyebabkan infeksi yang serius, seperti pneumonia (infeksi pada paru-paru), infeksi pada aliran darah, infeksi saluran kemih, infeksi pada luka, dan meningitis (infeksi selaput otak). Enterobacteriaceae adalah bakteri yang paling sering menyebabkan infeksi, baik pada pusat pelayanan kesehatan maupun pada masyarakat.

Karbapenem adalah antibiotik yang biasa digunakan sebagai terapi pamungkas pada infeksi-infeksi bakteri berat yang disebabkan oleh bakteri gram negatif termasuk Enterobacteriaceae. Kelas karbapenem termasuk meropenem, imipenem, ertapenem, dan doripenem.

Siapa yang berisiko mendapat infeksi CRE?

CRE menyebabkan bermacam-macam penyakit, dari pneumonia hingga ke infeksi saluran kemih, hingga ke infeksi alirah darah yang serius, maupun infeksi pada luka. Pada orang yang sehat, jarang mendapatkan infeksi CRE. Infeksi CRE biasanya terjadi pada pasien yang mendapatkan tindakan medis untuk kondisi kesehatannya, misalnya pada pasien yang menggunakan ventilator, kateter saluran kemih, infus, juga pada pasien yang mendapatkan terapi antibiotik jangka panjang.

Beberapa bakteri CRE resisten terhadap hampir seluruh antibiotik yang tersedia. Infeksi yang disebabkan bakteri ini sangat sulit ditangani, dan sangat mungkin menyebabkan kematian.

Penyebaran infeksi CRE

Untuk mendapatkan infeksi CRE, orang harus terpapar oleh bakteri CRE, yang menyebar melalui kontak langsung dengan pasien yang telah terinfeksi oleh bakteri CRE, misalnya berkontak dengan luka atau tinja pasien terinfeksi CRE. Bakteri ini tidak menyebar melalui udara.

CRE menyebabkan infeksi saat masuk ka dalam tubuh melalui peralatan medis, seperti infus, kateter urin, atau melalui luka akibat trauma atau operasi.

Penanggulangan Infeksi CRE

CRE resisten terhadap hampir seluruh antibiotik yang biasa diresepkan oleh dokter. Masih ada beberapa antibiotik yang dapat dipilih untuk terapi infeksi CRE. Keputusan terapi pada infeksi CRE dapat dibuat berdasarkan pengkajian kasus oleh penyedia layanan kesehatan.

Informasi penting lainnya:

Resisten terhadap karbapenem dapat diperoleh melalui beberapa mekanisme. Salah satu caranya bakteri enterobacteriaceae menjadi resisten terhadap karbapenem adalah melalui produksi Klebsiella pneumoniae carbapenemase (KPC). KPC adalah enzim yang diproduksi oleh bakteri CRE yang pertama kali berhasil diidentifikasi di Amerika Serikat sekitar tahun 2001. KPC memecah carbapenem dan membuat karbapenem menjadi tidak efektif. Selain KPC, ada enzim-enzim lain seperti NDM-1, VIM, dan IMP, yang dapat merusak karbapenem juga.

Patient should:

  1. Katakan pada dokter jika Anda pernah dirawat di Rumah Sakit di negara lain.
  2. Hanya gunakan antibiotik pada infeksi bakteri yang diresepkan dokter. Tidak menggunakan antibiotik untuk infeksi virus seperti common cold dan watery diarrhea.
  3. Minta dokter, perawat, dan seluruh penyedia pelayanan kesehatan untuk mencuci tangan dengan sabun atau dengan alkohol sebelum dan setelah memeriksa atau menyentuh bagian tubuh atau memasukkan sesuatu ke dalam tubuh Anda.
  4. Bersihkan tangan Anda sesering mungkin, terutama:

–          Sebelum menyiapkan makanan atau sebelum makan

–          Sebelum menyentuh mata, hidung, atau mulut

–          Sebelum dan sesudah membersihkan luka atau menyentuh peralatan medis

–          Setelah menggunakan kamar kecil

–          Setelah bersin atau batuk.

  1. Bertanya. Mengerti apa yang sedang dan akan terjadi pada tubuh Andda, risiko dan benefitnya. (VK)

Sumber:

  1. www.cdc.gov/hai/organisms/cre (CDC – Carbapenem-resistant Enterobacteriaceae – HAI)
  2. www.health.state.mn.us/divs/idepc/dtopics/cre/ (Carbapenem-resistant Enterobacteriaceae (CRE) and Klebsiella)
  3. www.medscape.com/viewarticle/780308 (CDC Warns About Carbapenem-Resistant Enterobacteriaceae)
  4. http://articles.washingtonpost.com/2013-09-16/national/42101216_1_enterobacteriaceae-antibiotic-resistant-infections-antibiotic-resistance (Drug-resistant bacteria pose potential catastrophe, CDC warns)
Share artikel ini: