1.  Percaya pada diri sendiri. Percaya bahwa anda bisa berhenti. Bayangkan hal-hal tersulit yang pernah anda alami dalam hidup dan sadari bahwa anda memang memiliki kemampuan dan determinasi untuk berhenti merokok. Semuanya bergantung pada anda.

2. Setelah membaca daftar ini, buat daftar anda sendiri, sesuaikan daftar dengan karakter dan perilaku anda. Mulailah menyusun rencana untuk berhenti merokok.

3.  Tuliskan alasan-alasan anda dan keuntungan berhenti merokok, seperti: hidup lebih lama, merasa lebih baik, demi keluarga, menghemat uang, menemukan pasangan lebih baik, lebih ‘harum’, dll. Jadi anda tahu betul kejelekan dari merokok, dan kebikan jika anda berhenti. Tuliskan alasan-alasan ini di atas kertas, dan baca setiap hari.

4. Minta dukungan dari keluarga dan teman-teman terhadap keputusan untuk berhenti merokok. Minta mereka untuk benar-benar mendukung anda, dan tidak menghakimi. Beritahu mereka di awal dan minta pengertian mereka, bahwa mungkin ada saatnya anda menjadi orangnya yang menyebalkan, bahkan tidak rasional di saat anda mulai menghentikan kebiasaan ini.

5.  Tetapkan hari berhenti. Tentukan kapan dan hari apa anda akan meninggalkan dan membuat rokok untuk selamanya. Tulis. Rencanakan. Siapkan pikirian anda bahwa ini adalah “terakhir dan untuk selamanya”. Anda dapat juga mengadakan perayaan kecil di saat anda merokok untuk terakhir kalinya, atau di hari yang ditentukan sebagai tanggal berhenti.

6. Bicarakan dengan dokter anda mengenai rencana anda berhenti merokok. Dukungan dan panduan yang didipatkan dari tenaga medis terbukti mampu meningkatkan probabilitas untuk berhenti merokok.

7. Memulai program berolahraga. Pada dasarnya, berolahraga ‘bertentangan’ sifatnya dengan merokok. Berolahrga membantu mengurai stress dan membantu menghilangkan ‘kerusakan’ yang disebabkan oleh rokok. Jika perlu, mulailah pelan-pelan, dengan melakukan jalan cepat sebanyak satu atau dua kali per hari. Kemudian tingkatkan aktivitas menjad  30- 40 menit, 3 atau 4 kali dalam seminggu. Konsultasi dengan dokter anda sebelum program di mulai.

8. Lakukan olah pernapasan (deep breathing) selama 3-5 menit setiap harinya. Ambil napas pelan-pelan dari hidung, tahan napas selama beberapa detik, dan keluarkan napas melalui mulut anda. Coba lakukan dengan menutup mata anda, dan selanjutnya lakukan langkah ke-9.

9.  Visualisasikan langkah-langkah anda untuk menjadi non-perokok. Sambil melakukan olah pernapasan seperti langkah ke-8, anda bisa menutup mata anda dan membayangkan diri anda sebagai non-perokok. Bayangkan diri anda melakukan latihan olahraga seperti pada langkah ke-7. Bayangkan juga diri anda menolak orang yang menawarkan rokok kepada anda. Bayangkan diri anda membuang semua rokok yang anda miliki, dan anda mendapatkan medali emas untuk itu. Kembangkan imajinasi kreatif anda sendiri untuk tahap ini. Visualisasi dapat membantu menghilangkan kebiasaan anda merokok.

10. Berhenti merokok secara bertahap (jika anda memulainya bertahap, pastikan anda sudah menetapkan hari berhenti di mana anda BENAR akan berhenti). Cara untuk melakukannya bertahap, adalah: rencanakan bebarap banyak batang rokok yang akan anda hisap per hari hingga hari anda berhenti, mengurangi jumlah rokok yang dihisap per harinya; hanya membeli satu bungkus perhari, membeli merk rokok yang berbeda, sehingga anda tidak terlalu menikmati rokok tersebut; berikan rokok anda kepada orang lain, sehingga anda harus meminta terlebih dahulu setiap saat anda mau merokok.

11. Berhenti merokok dengan segera. Berbeda dengan langkah ke-10,  pada langkah ini, begitu anda menentukan anda berhenti merokok, saat itu juga anda berhenti, tanpa melewati langkah-langkah seperti mengurangi konsumsi rokok per hari, dll. Banyak perokok yang merasa bahwa mereka benar-benar bisa berhenti merokok hanya dengan langsung menghentikan semuanya. Cari tahu metode mana yang paling tepat buat anda: bertahap, atau berhenti saat itu juga.

12. Cari perokok lain yang juga sedang berusaha untuk berhenti, dan saling mendukung satu sama lain serta menjadi pendengar yang baik ketika salah satu merasa perlu menceritakan kesulitan yang dihadapi untuk berhenti.

13. Mendapatkan gigi yang bersih. Dengan mengurangi rokok dan menjaga kebersihannya, maka gigi anda terlihat akan lebih baik dan rencanakan untuk tetap memelihara gigi anda seperti itu.

14. Rayakan setiap tahap yang anda lewati untuk menjadi non-perokok.  Setelah dua minggu anda berhenti merokok, pergilah menonton ke bioskop. Setelah sebulan, rayakan dengan makan ke restoran yang anda suka (pastikan anda duduk di area non-smoking). Setelah tiga bulan, pergilah berlibur ke tempat yang anda suka. Setelah satu tahun, rayakan dengan mengadakan acara ‘ulang tahun’ anda.

15. Banyak minum air putih. Pada dasarnya, air putih memang baik untuk kita, dan kebanyakan orang kurang mengkonsumsi air putih. Air putih akan membantu membuang nikotin dan unsur kimia lain dari tubuh, dan bisa mengurangi keinginan menghisap rokok.

16. Pelajari apa yang menjadi pemicu anda untuk merokok, apakah itu karena merokok, setelah makan, saat tiba di kantor, saat memasuki club/bar, dan lain-lain. Hindari pemicu tersebut jika mungkin, atau pikirkan cara lain untuk menghadapi pemicu tersebut.

17. Cari sesuatu yang bisa dijadikan pengganti rokok.  Pengganti ini bisa saja sebuah sedotan, atau anda bisa mencoba rokok artifisial yang disebut “E-Z Quit” di situs ini: http://www.quitsmoking.com/ezquit.htm

18. Buatlah lagu atau puisi yang memberikan anda inspirasi mengenai berhenti merokok dan apa artinya berhenti merokok buat anda.

19. Simpan dan bawalah foto keluarga atau seseorang yang penting bagi hidup anda setiap saat. Tuliskan dalam secarik kertas kalimat “Saya berhenti merokok untuk saya dan dia/mereka”. Tempelkan tulisan itu pada foto teresebut.  Pandanglah foto dan bacalah pesan yang anda tulis tersebut, setiap saat anda memiliki keinginan untuk merokok.

20.  Tuliskan perasaan atau apapun yang ada dipikiran anda setiap saat anda memiliki keinginan untuk merokok. Bawalah ‘jurnal’ ini setiap saat.

Good Luck dengan usaha anda untuk berhenti. It’s worth it!! (RK).

Sumber: 20 Quick Tips to Help You Quit Smoking, Fred H. Kelley, http://www.quitsmoking.com

Share artikel ini: